Akulturasi budaya lokal-indies pada arsitektur Langgar Bafadhol Kelurahan Ampel Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzaki, Muhammad (2024) Akulturasi budaya lokal-indies pada arsitektur Langgar Bafadhol Kelurahan Ampel Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Muzaki_03020220058 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Muzaki_03020220058.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengerucut pada tiga pembahasan mengenai ; 1) Genealogi dan sejarah kedatangan keluarga Bafadhol di Ampel, 2) Sejarah dan peran Langgar Bafadhol dari masa ke masa, 3) Bentuk akulturasi budaya lokal dan indies pada arsitektur Langgar Bafadhol. Penelitian ini menggunakan pendekatan arkeologi untuk mengidentifikasi struktur maupun komponen dari arsitektur Langgar. Selain itu penelitian ini juga menggunakan pendekatan historis guna mengidentifikasi sejarah yang berkaitan dengan objek penelitian. Sedangkan, teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori akulturasi budaya oleh Koentjraningrat. Teori ini diaplikasikan melalui analisa terkait akulturasi budaya lokal dan indies yang terdapat pada arsitektur Langgar Bafadhol. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan bahwa 1) Keluarga Bafadhol merupakan keluarga keturunan Arab yang berasal dari Hadramaut. Mereka mendarat di Ampel pada abad 18-19 M yang ditandai dengan hijrah massal-nya orang Arab Hadramaut pada rentang tahun tersebut. 2) Sejarah berdirinya Langgar ini bermula karena kebijakan kolonial yang mengatur pemukiman berdasarkan etnis. Langgar ini dari masa ke masa berperan sebagai tempat istirahat bagi pekerja pasar, tempat pelaksanaan tradisi keagamaan masyarakat. Selain itu juga sebagai tempat pemberdayaan ekonomi masyarakat berupa keberadaan toko di lantai dasar. 3) Bentuk akulturasi yang terdapat pada arsitektur Langgar Bafadhol bisa ditelisik pada gaya arsitektur lokal dan indies yang melekat pada beberapa komponen bangunan ini baik interior maupun eksteriornya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzaki, Muhammadmuzaky14ahmad@gmail.com03020220058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'la, Abdabdalabs@gmail.com2005095701
Thesis advisorMuzaiyana, Muzaiyanamuzaiyana.uinsby.ac.id2012086901
Subjects: Arsitektur
Islam
Budaya
Keywords: Langgar; akulturasi budaya; lokal; indies
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Muhammad Muzaki
Date Deposited: 21 Mar 2024 05:06
Last Modified: 21 Mar 2024 05:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69092

Actions (login required)

View Item View Item