Tafsir audiovisual: pemaknaan ayat hijab syar'i pada akun Instagram@hijabalila

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fachria, Fachria (2024) Tafsir audiovisual: pemaknaan ayat hijab syar'i pada akun Instagram@hijabalila. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fachria_07040320118 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Fachria_07040320118.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hijab Syar’i menjadi salah satu isu yang muncul di tengah muslimah. Dimulai dari penggunaanya yang dinilai sebagai urusan privat individu dalam beribadah hingga menyebarnya gagasan hijab sebagai gaya hidup muslimah. Hijab menjadi banyak jenisnya salah satunya yakni hijab syar’i. Penelitian skripsi ini berusaha menjelaskan tentang kajian hijab syar’i, seperti yang telah dipaparkan dalam QS. Al-Ahzab ayat 59 bahwa pentingnya bagi wanita muslimah untuk mengenakan hijabnya keseluruh tubuh mereka, dari ayat ini dapat diinterpretasikan melalui dakwah tentang hijab syar’i yang disampaikan oleh akun Instagram @hijabalila. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif yang menganalisis 7 konten #hijamukehormatanmu berbasis audio dan audiovisual. Adapun jenis penelitian ini termasuk kepustakaan (library reseach) dengan pendekatan etnografi virtual, di mana sumber refrensi diperoleh dari Al-Qur’an, buku, jurnal, dan media Instagram. Dalam menganalisis data, yang berupaya mengungkap dan menguraikan masalah, serta memaparkan hasilnya secara sistematis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kajian tafsir tentang hijab syar’i pada akun Instagram Hijab Alila memadukan dakwah dan bisnis dengan mempromosikan hijab syar'i dan edukasi tentang makna di baliknya. Kontennya menarik minat muslimah untuk berhijab syar'i dengan penuh kesadaran dan pemahaman. Para pengikutnya memahami makna hijab syar'i sebagai kewajiban agama untuk menjaga kehormatan diri dan memelihara interaksi sosial yang sesuai dengan syariat Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fachria, Fachriafachria1100@gmail.com07040320118
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBilla, Mutamakkinm.billa@uinsby.ac.id197709192009011007
Subjects: Jilbab
Tafsir
Keywords: Tafsir Audiovisual; hijab syar’i; hijab Alila
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Fachria Fachria Fachria
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:59
Last Modified: 21 Mar 2024 06:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69103

Actions (login required)

View Item View Item