Implikasi tradisi pembacaan Qasidah Burdah sebagai Mujahadat Al Nafs terhadap kepribadian santri putri di Pondok Pesantren An Nur II Al Murtadlo Bululawang Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Audric, Ilma Zaula Putri (2024) Implikasi tradisi pembacaan Qasidah Burdah sebagai Mujahadat Al Nafs terhadap kepribadian santri putri di Pondok Pesantren An Nur II Al Murtadlo Bululawang Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilma Zaula Putri Audric_07010620009 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilma Zaula Putri Audric_07010620009 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang adanya perubahan kepribadian santri yang ada di PP. An-Nur II Al-Murtadlo karena terdapat implikasi dari tradisi pembacaan Qasidah Burdah, sehingga terdapat rumusan masalah yakni 1. Bagaimana pelaksanaan tradisi pembacaan Qasidah Burdah di PP. An-Nur II Al-Murtadlo Bululawang Malang? 2. Bagaimana implikasi tradisi pembacaan Qasidah Burdah sebagai mujahadat al-nafs terhadap kepribadian santri putri di PP. An-Nur II Al-Murtadlo?. Fokus dalam penelitian ini yakni nilai-nilai yang terkandung dalam Qasidah Burdah sebagai faktor adanya mujahadat al-nafs terhadap pembentukan kepribadian santri. Penelitian ini menggunakan metode kualtatif dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul diolah menggunakan reduksi, penyajian data, dan triagulasi sumber. Sehingga hasil dari penelitian ini adalah pembentukan kepribadian santri putri melalui tradisi pembacaan Qasidah Burdah. Karena dalam Qasidah Burdah memiliki banyak terdapat nilai-nilai didalamnya, seperti pada pasal 2 yang menjelaskan tentang bahaya dan cara melawan hawa nafsu. Perlawanan terhadap hawa nafsu dalam literasi tasawuf disebut dengan mujahadat al-nafs. salah satu cara dalam mujahadat al-nafs yakni dengan melakukan amal baik, tidak melakukan apa yang dilarang, dan melakukan apa yang telah di perintahkan, salah satunya membaca Qasidah Burdah karena didalamnya terdapat kandungan shalawat. Sedangkan, dalam teori kepribadian psikoanalis Sigmund Freud Qasidah Burdah menjadi salah satu faktor dalam meningkatkan kualitas super ego dalam menekan pergerakan Id. Karena dalam Qasidah Burdah terdapat nilai-nilai moralitas yang menjadi pertimbangan id dalam menghadapi realitas. Sehingga, menghasilkan pembentukan kepribadian individu menjadi lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Audric, Ilma Zaula Putriilmazautaputriaudric@gmail.com07010620009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafi.sahal@gmail.com2013086001
Subjects: Iman Kepada Allah
Kepribadian
Santri
Tradisi Islam
Keywords: Tasawuf; Psikoterapi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: ILMA ZAUTA PUTRI AUDRIC
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:31
Last Modified: 26 Mar 2024 07:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69107

Actions (login required)

View Item View Item