فعالية استخدام المحتوى باللغة العربية على حساب kursus_arab_alazhar إنستغرام لترقية مهارة الكلام لطلاب الصف العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية ۱ غرسيك

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mumtaz, Layalil (2024) فعالية استخدام المحتوى باللغة العربية على حساب kursus_arab_alazhar إنستغرام لترقية مهارة الكلام لطلاب الصف العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية ۱ غرسيك. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Layalil Mumtaz_06040220080.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Layalil Mumtaz_06040220080_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Efektivitas Penggunaan Konten Berbahasa Arab pada akun Instagram kursus_arab_alazhar untuk Meningkatkan Maharah Kalam Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Gresik”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui maharah kalam siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Gresik sebelum penggunaan konten berbahasa Arab pada akun Instagram kursus_arab_alazhar. 2. Untuk mengetahui penggunaan konten berbahasa Arab pada akun Instagram kursus_arab_alazhar untuk meningkatkan kemampuan maharah kalam siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Gresik. 3. Untuk mengetahui efektivitas penggunaan konten berbahasa Arab pada akun Instagram kursus_arab_alazhar untuk meningkatkan kemampuan maharah kalam siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Gresik. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan desain pra-experimental one group pretest posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test, dan dokumentasi dengan jumlah sampel sebanya 36 siswa. Data dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan bantuan IBM SPSS.29. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa 1- Keterampilan kalam siswa sebelum perlakuan dapat diketahui dari hasil pre-test yakni memperoleh rata-rata 58,61 dengan siswa yang memperoleh nilai kurang dari KKM cukup bayak. 2- Penggunaan konten berbahasa Arab pada akun Instagram kursus_arab_alazhar dilakukan dengan siswa menonton konten dari akun kursus_arab_alazhar, kemudian siswa membuat video rekaman berupa cerita tentang kegiatan sehari-hari. 3- Penggunaan konten berbahasa Arab pada akun Instagram kursus_arab_alazhar terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan maharah kalam siswa karena nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dan siswa yang memperoleh nilai melebihi KKM juga lebih banyak. Dan setelah dilakukan uji Paired Sample T-Test diperoleh hasil taraf signifikansi < 0,05, yaitu (0.001 < 0,05). Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mumtaz, Layalillayalilmumtaz04@gmail.com06040220080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDimyathi, Muhammad Afifudinafifudindimyathi@uinsby.ac.id2007057901
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda70@yahoo.com2007017001
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keywords: Penggunaan konten akun instagram kursus_arab_alazhar, Maharah Kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Layalil Mumtaz
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:32
Last Modified: 21 Mar 2024 07:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69120

Actions (login required)

View Item View Item