Program penguatan karakter religius peserta didik melalui kegiatan ma'had azzahra di MAN 1 Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayanti, Nur (2023) Program penguatan karakter religius peserta didik melalui kegiatan ma'had azzahra di MAN 1 Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hidayanti_06040120094.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nur Hidayanti_06040120094_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Bagaimana Desain kegiatan Program Penguatan Karakter Religius Peserta Didik melalui Kegiatan Ma’had di MAN 1 Pasuruan? Bagaimana Implementasi Program Penguatan Karakter Religius Peserta Didik melalui Kegiatan Ma’had di MAN 1 Pasuruan? Apa Dampak adanya Program Penguatan Karakter Religius Peserta Didik melalui Kegiatan Ma’had di MAN 1 Pasuruan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta jenis penelitianya ialah penelitian lapangan (field research), teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil Penelitian yang diperoleh adalah : 1) Desain kegiatan program penguatan karakter religius peserta didik melalui kegiatan ma’had azzahra terdiri dari program tahfidz dan program regular. a) Program Tahfidz dibimbing oleh Guru/Ustadzah yang berkompeten dalam bidangnya. Peserta didik program tahfidz diwajibkan untuk melakukan setoran, muroja’ah dan ziyadah dalam waktu yang ditentukan ustadzah, serta bagaimana bertanggung jawab kepada diri sendiri dalam mengatur waktu antara tugas sekolah dan kegiatan ma’had. b) Program Reguler program yang tidak diminati oleh peserta didik pada program tahfidz, namun kegiatan program regular juga bervariasi serta produktif. 2) Implementasi Ma’had Azzahra diantaranya; ada Kajian Kitab Kuning wajib untuk seluruh santri ma’had dan kajian kitab kuning biasanya mengupas hal-hal mengenai peribadatan, fiqh kewanitaan, akidah, akhlak, tauhid dan lain-lain. Selanjutnya khitabah merupakan program wajib bagi peserta didik Ma’had Azzahra, manfaat kegiatan khitabah ialah untuk melatih public speaking dan kepercayaan diri peserta didik, sehingga dari rangkain program yang ada wajib untuk diikuti peserta didik dilingkungan Ma’had setelah melaksanakan serangkaian kegiatan Ma’had Azzahra memiliki program evaluasi setiap semester baik melalui test lisan, sumatif, dan formatif. 3) Dampak positif yang terjadi karena adanya program Ma’had pada peserta didik dalam meningkatkan karakter religius ialah etika melaksanakan salat berjama’ah, ketika santri berperilaku sopan terhadap siapapun, ketika santri berpenampilan yang sesuai dengan aturan syariat, dan ketika santri selalu berbuat baik terhadap sesama,berperilaku jujur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayanti, Nurnrhidayanti2002@gmail.com06040120094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafii, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Thesis advisorFaizin, Mohfaizin7172@gmail.com2015087202
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Progam; karakter religius; ma’had
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Hidayanti
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:42
Last Modified: 21 Mar 2024 07:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69124

Actions (login required)

View Item View Item