Self reward pada generasi Z dalam prespektif hadis: kajian ma'anil hadis riwayat Imam Ahmad 6694 pendekatan psikologi B.F. Skinner

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khumaidah, Ismi Azizatul (2024) Self reward pada generasi Z dalam prespektif hadis: kajian ma'anil hadis riwayat Imam Ahmad 6694 pendekatan psikologi B.F. Skinner. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ismi Azizatul Khumaidah_07010520010 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 March 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Ismi Azizatul Khumaidah_07010520010.pdf

Download (3MB)

Abstract

Self reward merupakan salah satu bentuk yang digunakan untuk mengapresiasi diri sendiri, dengan self reward ini diri sendiri merasa dihargai dan dibanggakan. Salah satu cara bentuk untuk mengapresiasi adalah dengan membeli hadiah yang ditujukan untuk diri sendiri, berupa makanan, pakaian, bahkan liburan. Self reward ini banyak dilakukan oleh mayoritas anak muda zaman sekarang yang disebut sebagai generasi Z, disamping kegiatan positif yang dilakukan adapun dampak negatif nya yaitu berakhir pada pemborosan, dimana mereka selalu menggunakan kata self reward jika menginginkan membeli sesuatu secara berlebihan padahal mereka tidak melakukan pencapaian apapun sedangkan syarat utama untuk melakukan self reward yaitu ketika sesudah mencapai sesuatu. Adapun hadis yang menjelaskan larangan untuk berlebih-lebihan terdapat dalam hadis riwayat Imam Ahmad Nomor Indeks 6694. Hadis ini sudah sangat jelas menjelaskan sebagai umat manusia boleh menikmati atas rezeki yang relah diberikan, tetapi tidak sampai terjadi pemborosan atau berlebih-lebihan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah penyalahgunaan sebagian generasi Z dalam self reward hingga berakibat dalam pemborosan, meneliti hadis tentang dilarangnya berlebih-lebihan dan penggunaan teori penguatan sebagai landasan untuk melakukan self reward. Model penelitian ini menggunakan metode kapustakaan (Library Research) dan studi lapangan (Field Research). Adapun metode lapangan yang digunakan seperti wawancara dan observasi, sedangkan kapustakaan meliputi jurnal, kitab-kitab hadis, dan buku-buku penunjang yang berkiatan dengan penelitian. Hasil hadis yang telah diteliti dari riwayat Imam Ahmad Nomor Indeks 6694 yaitu berkualitas h{asan dan dapat dijadikan sebagai hujjah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khumaidah, Ismi Azizatulkhumaidahismiazizatul@gmail.com07010520010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaruq, Umarumarfaruq@uinsby.ac.id2005076201
Subjects: Remaja, Gaya hidup
Hadis
Keywords: Self reward; generasi Z; hadis; B.F. Skinner
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Ismi Azizatul Khumaidah
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:40
Last Modified: 22 Mar 2024 04:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69178

Actions (login required)

View Item View Item