Relevansi pendidikan karakter perspektif Al-Ghazali dengan proyek penguatan profil pelajar pancasila

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Raafi, Raul Ilah (2024) Relevansi pendidikan karakter perspektif Al-Ghazali dengan proyek penguatan profil pelajar pancasila. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Raul Ilah Raafi_06040120099 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Raul Ilah Raafi_06040120099 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 March 2027.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter di Indonesia akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat yang meresahkan dikarenakan munculnya berbagai macam kasus kekerasan yang melibatkan peserta didik. Ironisnya kekerasan tersebut tidak hanya terjadi terhadap teman sebaya melainkan hingga kepada seorang guru. Kemudian pemerintah merespon dekadensi akhlak yang terjadi dalam dunia pendidikan dengan membuat terobosan baru berupa kurikulum yang diintegrasikan terhadap pendidikan karakter yang berbasis proyek sehingga akan lebih terfokuskan perbaikan karakter, yang disebut dengan kurikulum merdeka yang diintegrasikan dengan proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Dengan demikian, seharusnya pendidikan karakter Islam juga turut andil dalam proses perbaikan tersebut, mengingat Islam merupakan agama akhlak. Banyak tokoh Islam yang menuangkan pemikirannya dalam bentuk karya untuk membahas pendidikan karakter, salah satunya yang terkenal adalah Imam al-Ghazali yang memadukan tasawuf dan syariat. Oleh karena itu perlu adanya sinergitas antara pendidikan karakter dalam Islam serta pendidikan karakter yang diterapkan dalam dunia pendidikan di Indonesia, mengingat mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim. Relevansi antara pendidikan karakter perspektif al-Ghazal dengan proyek penguatan profil pelajar Pancasila akan menjadi pembahasan yang menarik untuk diangkat ditengah isu mencuatnya dekadensi akhlak di Indonesia. Sehingga perlu diketahui masing-masing konsep diantara kedunya yang kemudian direlevansikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana penulis menjelaskan suatu keterhubungan variabel secara holistik dan deskriptif dalam bentuk narasi bukan angka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi pustaka dengan teknik analisis konten. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter perspetif al-Ghazali memiliki relevansi dengan proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Sejatinya, secara general pendidikan karakter al-Ghazali memiliki relvansi dalam setiap dimensi proyek penguatan profil pelajar Pancasila, namun, penulis merelevansikan dengan landasan dominan dari pendidikan karakter al-Ghazali terhadap proyek penguatan profil pelajar Pancasila

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Raafi, Raul Ilahraulraafi04@gmail.com06040120099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkizakkif@gmail.com2027047401
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pendidikan karakter; Al-Ghazali; Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Raul Ilah Raafi
Date Deposited: 22 Mar 2024 13:48
Last Modified: 22 Mar 2024 13:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69185

Actions (login required)

View Item View Item