This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hajar, Salwa (2024) Pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI di SMPN 1 Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Salwa Hajar_06040120105 full.pdf Restricted to Repository staff only until 25 March 2027. Download (2MB) |
|
Text
Salwa Hajar_06040120105.pdf Download (2MB) |
Abstract
Berbicara mengenai model pembelajaran, model pembelajaran inquiry merupakan salah satu inovasi model pembelajaran yang belum banyak diterapkan oleh guru atau pendidik. Model pembelajaran inquiry ialah pendekatan pembelajaran yang terfokus dalam pengembangan kemampuan siswa dalam bertanya, mencari informasi, mengumpulkan bukti, dan mengembangkan pengetahuan mereka sendiri melalui proses penyelidikan aktif. Model ini mendorong siswa untuk menjadi pembelajar yang mandiri, kritis, dan kreatif, sehingga mereka tidak hanya mengingat informasi, tetapi juga memahaminya dengan lebih baik. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian kuantitatif yaitu bentuk penelitian yang memanfaatkan data numerik untuk menganalisis fenomena dan membuat kesimpulan. Rancangan penelitian menggunakan metode eksperimen quasi experiment dalam bentuk pretest-posttest control group yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini mengkaji beberapa pokok permasalahan, yakni penerapan model pembelajaran inquiry pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Jombang, hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Jombang, mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Jombang. Penelitian dilakukan bertujuan guna mengetahui penerapan model pembelajaran inquiry pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Jombang, mengetahui tingkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Jombang, mengetahui apakah terdapat pengaruh dalam penerapan model pembelajaran inquiry terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Jombang. Analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa nterpretasi dari hasil uji independent sample t-test yang telah dilakukan, diketahui bahwa nilai signifikansi (2tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan pengambilan keputusan independent sample t-test <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara penerapan model pembelajaran inquiry dengan model konvensional. Adapun rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai pre-test 68,31 meningkat menjadi 77,91. Begitupun dengan rata-rata hasil nilai post-test yaitu 78,31 meningkat jadi 89,87. Jadi, penerapan model pembelajaran inquiry berpengaruh positif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, daripada penerapan dengan menggunakan model konvensional
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Inkuiri Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Model pembelajaran inquiry; hasil belajar PAI | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Salwa Hajar | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Mar 2024 06:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Mar 2024 06:28 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69202 |
Actions (login required)
View Item |