Dinamika resiliensi pada remaja toxic relationship dalam hubungan berpacaran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hawani, Shofina Imtithal (2024) Dinamika resiliensi pada remaja toxic relationship dalam hubungan berpacaran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofina Imtithal Hawani_11010120032 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 May 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Shofina Imtithal Hawani_11010120032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Toxic Relationship merupakan sebuah hubungan yang tidak sehat dengan menyebabkan dapat merusak fisik maupun emosional dari maupun orang lain. Sehingga dalam penelitian ini ada tiga remaja yang mengalami Toxic Relationship dalam pacaran. Mereka tetap ingin mempertahankan hubungannya dengan segala kesulitan, yang kebanyakan orang akan mengakhiri/memutuskan jalinan asmara yang dialami, namun berbeda dengan subjek dalam penelitian ini, ketiganya berupaya untuk mau bangkit dari kondisi penuh tekanan dan mau menghadapi segala kesulitannya yang di peroleh dari pasangannya tersebut dan mengubahnya menjadi suatu yang positif. Kemampuan untuk mengatasi keadaan yang sulit, tertekan, dan penuh dengan kesengsaraan atau trauma yang dialami dalam kehidupannya dengan cara bangkit dari segala permasalahan yang penuh dengan tekanan disebut resiliensi. Metode dalam melakukan penelitian ini dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdapat 3 subjek. Dengan sumber data yang digunakan berupa sumber data primer dan sumber data skunder, sedangkan teknik yang digunakan untuk memperoleh data dengan cara melakukan wawancara. Proses analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu dinamika resiliensi yang dilakukan subjek A B dan C meliputi aspek-aspek resliensi seperti aspek regulasi emosi, aspek pengendalian impuls, aspek optimisme, aspek empati, aspek analissi penyebab masalah, aspek efikasi diri, dan aspek reaching out. Dan juga melibatkan faktor- faktor yang mempengaruhi subjek A B dan C dalam resiliensi yaitu I have, I am, dan I can. Sehingga subjek A B dan C dapat menjalani hubungan pacaran dengan baik dan mempertahankan hubungannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hawani, Shofina Imtithalshofinahawani21@gmail.com11010120032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nailatinnailatin.fauziyah@uinsby.ac.id2012067403
Subjects: Perilaku
Remaja
Keywords: Adolescents; toxic relationship; resilience
Depositing User: Shofina Imtithal hawani
Date Deposited: 08 May 2024 08:10
Last Modified: 08 May 2024 08:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69217

Actions (login required)

View Item View Item