الاحتياجات الإنسانية عند سعيد مهران في رواية "اللص والكلاب" لنجيب محفوظ دراسة علم الأدب النفسي في ضوء نظرية أبراهام ماسلو (Abraham Maslow)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kustianingsih, Febriana (2024) الاحتياجات الإنسانية عند سعيد مهران في رواية "اللص والكلاب" لنجيب محفوظ دراسة علم الأدب النفسي في ضوء نظرية أبراهام ماسلو (Abraham Maslow). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Febriana Kustianingsih_03020120043 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 March 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Febriana Kustianingsih_03020120043.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kebutuhan dasar manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam mempertahankan keseimbangan fisiologis maupun psikologis, yang tentunya bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan objek penelitian berupa karya sastra yaitu Novel al-Lisshu wa al-Kilab karya Najib Mahfudz. Di dalam Novel al-Lisshu wa al-Killab, peneliti menemukan banyak kebutuhan humanistik yang dialami oleh tokoh utama yaitu Said Mahran. Dalam menganalisisnya peneliti menggunakan teori psikologi sastra Abraham Maslow. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan humanistik Said Mahran dalam Novel al-Lisshu wa al-Kilab karya Najib Mahfudz, dan untuk mengetahui pengaruh kurangnya kebutuhan humanistik Said Mahran dalam novel al-Lisshu wa al-Kilab karya Najib Mahfudz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer berupa novel al-Lisshu wa al-Kilab karya Najib Mahfudz. Kemudian sumber data sekunder diambil dari beberapa jurnal, artikel, dan buku-buku yang berkaitan dengan penelitian. Hasil dari penelitian dalam Novel al-Lisshu wa al-Kilab karya Najib Mahfudz yaitu peneliti menemukan 14 data yang didalamnya terdapat kebutuhan humanistik Said Mahran. Kemudian ada 15 data pengaruh kurangnya kebutuhan humanistik said mahran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kustianingsih, Febrianafebrianakustianingsih03@gmail.com03020120043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaikhu, Ahmadsyaikhu@uinsa.ac.id2008066801
Thesis advisorRomdlon, Atiq Muhammadatiqramadhan67@gmail.com2021126701
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Kebutuhan humanistik; al-Lisshu wa al-Kilab; Najib Mahfudz
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Febriana Kustianingsih
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:53
Last Modified: 25 Mar 2024 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69232

Actions (login required)

View Item View Item