Bekerja dalam bayang-bayang ketidaknyamanan: sales promotion girls dan eksploitasi tubuh perempuan dalam industri rokok lokal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azhar, Saila Rizqi Amalia (2024) Bekerja dalam bayang-bayang ketidaknyamanan: sales promotion girls dan eksploitasi tubuh perempuan dalam industri rokok lokal. Undergraduate thesis, UIN SUnan Ampel Surabaya.

[img] Text
Saila Rizqi Amalia Azhar_10020120063 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 March 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Saila Rizqi Amalia Azhar_10020120063 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi fenomena eksploitasi tubuh buruh perempuan yang terjadi pada SPG rokok di Sidoarjo, dimana mereka menghadapi diskriminasi yang berbeda daripada buruh perempuan pada umumnya. Umumnya, buruh perempuan selalu menjadi korban diskriminasi upah. Namun semakin berkembangnya zaman dan ketika upah laki-laki serta perempuan cenderung sama, maka target diskriminasi pekerja perempuan pun turut berubah, tidak lagi soal upah namun berganti fokus pada tubuh buruh perempuan itu sendiri.penelitian ini juga mengupas tentang kesadaran para SPG serta pandangan-pandangan yang berbeda dari konsumen, kapitalisme dan juga akademisi. Kerangka teori yang digunakan sebagai pisau analissi dalam penelitian ini adalah teori yang dipaparkan oleh Julliet Mitchell terkait konsep diskriminasi perempuan yang tidak berhenti bahkan setelah mereka berhasil memasuki dunia kerja. Hasil penelitian yang didapatkan adalah bentuk eksploitasi tubuh SPG tidak hanya bersumberdari pakaian yang mereka kenakan saja, namun peraturan yang berlaku dan mengharuskan mereka untuk tidak melawn para pelanggan serta keharusan mereka untuk membeli barang yang tidak berhasil mereka jualkan juga turut menjadi permasalahan eksploitasi tubuh yang dialami oleh SPG rokok tersebut. Berdasarkan analisa dari akademisi, mereka menyatakan bahwa kurangnya kesadaran masyarakat dan perhatian masyarakat untuk menerima para SPG di lingkungan mereka serta kurangnya evaluasi aturan dari pemerintah turut melanggengkan kasus eksploitasi tubuh SPG rokok di Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azhar, Saila Rizqi Amalia10020120063@student.uinsby.ac.id10020120063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Noormaman.piramida@yahoo.com2019108501
Subjects: Emansipasi wanita
Gender
Politik
Keywords: SPG; Eksploitasi; Tubuh; Kapitalisme; Sales
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Saila Rizqi amalia azhar
Date Deposited: 24 Mar 2024 01:33
Last Modified: 24 Mar 2024 01:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69233

Actions (login required)

View Item View Item