فعالية تطبيق الوسائط المتعددة التفاعلية العربية باستخدام articulate storyline 3 لترقية مهارتي القراءة والكتابة للطلاب المدرسة الثانوية الحكومية الواحدة لامونجان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farokhah, Lailil (2024) فعالية تطبيق الوسائط المتعددة التفاعلية العربية باستخدام articulate storyline 3 لترقية مهارتي القراءة والكتابة للطلاب المدرسة الثانوية الحكومية الواحدة لامونجان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailil Farokhah_06020220042 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 April 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Lailil Farokhah_06020220042.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bahasa arab merupakan salah satu mata pelajaran wajib di beberapa sekolah di Indonesia terutama yang berlatar belakang pondok pesantren. Pembelajaran bahasa arab memiliki empat keterampilan pokok, yakni mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Peneliti menemukan kurangnya keterampilan membaca dan menulis pada siswa, sehingga diperlukan media pembelajaran yang membantu untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan demikian, peneliti menggunakan aplikasi articulate storyline 3 sebagai perangkat pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan membaca dan menulis yang dimiliki siswa, penerapan pembelajaran multimedia interaktif bahasa arab menggunakan aplikasi articulate storyline 3, dan mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran multimedia interaktif bahasa arab menggunakan aplikasi articulate storyline 3 untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif dengan metode pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, survei dan tes. Sampel penelitian berjumlah 36 siswa kelas sepuluh “b” MAN 1 Lamongan. Hasil penelitian ini adalah uji t = t hitung (20,295) lebih besar daripada t tabel (2,437) sehingga H0 ditolak. Dan t hitung (20,295) lebih kecil dari t tabel 1,689 maka H1 diterima. Dengan demikian penerapan pembelajaran multimedia interaktif bahasa arab menggunakan articulate storyline 3 efektif untuk meningkatkan maharah qiroah wal kitabah siswa MAN 1 Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farokhah, Lailillaililfarokhah19@gmail.com06020220042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBaihaqi, M.baihaqi.sby@gmail.com2020027401
Thesis advisorAzhari, Saefullahsaefullah652@gmail.com2014086502
Subjects: Pendidikan
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Efektivitas; multimedia interaktif; bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Lailil Farokhah
Date Deposited: 16 Apr 2024 12:13
Last Modified: 16 Apr 2024 12:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69237

Actions (login required)

View Item View Item