Gerakan aksi protes massa Omnibus Law di Twitter #mositidakpercaya dari jaringan ke jalanan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aqila, Devi (2024) Gerakan aksi protes massa Omnibus Law di Twitter #mositidakpercaya dari jaringan ke jalanan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Aqila_10020120036 ok.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Devi Aqila_10020120036 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 March 2027.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini melihat peran #MosiTidakPercaya di Twitter yang menjadi sarana untuk menimbulkan gerakan protes melalui tagar dan memobilisasi gerakan protes aksi massa baik di dalam jaringan maupun di jalanan. Hashtag atau tagar #MosiTidakPercaya di Twitter bertujuan untuk memobilisasi masyarakat Indonesia untuk melangsungkan protes terhadap pemerintah baik di dalam jaringan hingga turun ke jalan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah aktivisme digital. Gerakan protes aksi massa melalui #MosiTidakPercaya di Twitter ini termasuk dalam jenis aktivisme digital slacktivism dan memiliki karakteristik organisasi dan mobilisasi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan digital melalui analisis konten untuk mendeskripsikan aspek dan karakteristik konten postingan. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi digital menggunakan media sosial Twitter melalui tagar #MosiTidakPercaya, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk meminimalisir kesalahan dan ketidakjelasan data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian ini sejalan dengan teori aktivisme digital dan proses politik setelah dilakukan analisis dengan temuan penelitian. Hasil temuan penelitian menjelaskan bahwa #MosiTidakPercaya di Twitter memiliki peran penting sebagai mobilisasi gerakan protes aksi massa terkait Omnibus Law di Twitter yaitu dengan cara dinaikkan tagar tersebut sehingga menjadi trending topic oleh para aktivisme digital yang terbagi menjadi (klaster mahasiswa, klaster Kpopers, klaster serikat buruh, dan klaster santri) membuat cuitan yang berisi keresahan dan ajakan untuk melakukan gerakan protes aksi massa turun ke jalanan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aqila, Devideviaqila00@gmail.com10020120036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrakasita, Ajeng Widyaajengwidyaprs@gmail.com2023029502
Subjects: Kebijakan Publik
Media Massa
Media Sosial
Keywords: #MosiTidakPercaya; aktivisme digital; gerakan protes aksi massa; Omnibus Law
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Devi Aqila
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:11
Last Modified: 26 Mar 2024 03:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69239

Actions (login required)

View Item View Item