Sandwich generation dalam pandangan al Quran: studi tafsir tematik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Nadya Sofia (2024) Sandwich generation dalam pandangan al Quran: studi tafsir tematik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadya Sofia Putri_07020320066 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nadya Sofia Putri_07020320066 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Sandwich generation merupakan sebuah fonemona sosial dimana seseorang berada pada posisi terhimpit karena menanggung beban ganda pemenuhan kebutuhan atas dirinya, dan juga keluarganya seperti, orang tua, anak, istri, kakek-nenek, serta cucu yang dimilikinya. Meskipun sandwich generation tidak disebutkan secara eksplisit dalam al-Qur’an, tetapi terdapat ayat yang merepresentasikan makna sandwich generation, yaitu ayat tentang perbuatan baik yang dinarasikan dalam term al-ihsan, al-birr, al-khair, seperti yang tersebut dalam surat al-Baqarah ayat 83,al-Baqarah ayat 215, al-Nisa’ ayat 36, al-Isra’ ayat 32, al-Ahqaf ayat 15-18, al-An’am ayat 151, Maryam ayat 14. Serta dibantu ayat-ayat lain yang memiliki kesesuaian tema pembahasan seperti al-Baqarah ayat 233, Luqman ayat 14, dan al-Talaq ayat 7. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Menggunakan teori tematik (maudhu’i), penelitian ini memfokuskan kajiannya pada analisis makna sandwich generation dalam al-Qur’an dengan menggunakan tafsir nusantara sebagai mata analisisnya. Adapun kitab tafsir yang digunakan dalam penelitian ini ialah Al-Qur’an dan Tafsir karya Kementrian Agama RI, Tafsir al-Qur’an al-Majid al-Nuur karya Hasbi Ash-Shiddiqiey, Tafsir al-Misbah karya Quraish Shihab, dan tafsir al-Azhar karya Prof.Dr.Hamka. Setelah menganalisa dan mendeskripsikan makna sandwich generation dalam al-Qur’an dengan menggunakan empat kitab tafsir tersebut, maka ditemukan hasil penelitian bahwa sandwich generation di dalam al-Qur’an tidaklah bermakna negatif dan problematik seperti yang dinilai oleh para peneliti barat pada umumnya. Justru pelaku sandwich generation dalam al-Qur’an mendapatkan apresiasi positif. Hal ini dikarenakan Islam sangat menganjurkan pada umatnya untuk berbuat baik kepada sesama manusia terutama keluarga. Kebaikan tersebut dalam Islam diajarkan dengan penuh tulus ikhlas tanpa menganggapnya sebagai sebuah beban. Bahkan Islam memberikan hadiah berupa ganjaran pahala dan Surga bagi umat yang berbakti kepada kedua orang tua dan berbuat baik bagi sesama. Sandwich Generation dalam al-Qur’an ini juga dinilai sebagai pribadi yang penuh cinta kasih, birrul walidain, dan bertanggung jawab karena kebaikan yang dilakukannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Nadya Sofiansofiaputri@gmail.com07020320066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBilla, Mutamakkinm.billa@uinsby.ac.id197709192009011007
Subjects: Al Qur'an
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: Sandwich generation; berbakti; berbuat baik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Nadya Sofia Putri
Date Deposited: 25 Mar 2024 16:29
Last Modified: 25 Mar 2024 16:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69243

Actions (login required)

View Item View Item