Pengaruh model kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) berbantuan media Pick The Fries terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PKN kelas 3 MINU WARU II Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadani, Zulfalaila (2024) Pengaruh model kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) berbantuan media Pick The Fries terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PKN kelas 3 MINU WARU II Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulfalaila Ramadani_06040720096 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Zulfalaila Ramadani_06040720096 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di dasari oleh hasil observasi dan wawancara yang mana dalam kelas tersebut guru masih jarang menerapkan model pembelajaran yang menarik, sehingga siswa kurang minat dalam pembelajaran PKn. Hal tersebut dibuktikan dengan kondisi ketika guru menyampaikan materi banyak siswa yang bergurau, asik bercerita bahkan tidur. Rendahnya minat tersebut dikarenakan model pembelajaran yang kurang variasi. Oleh karena itu peneliti melakukan design pembelajaran PKn menggunakan model TGT (Team Games Tournament) dengan berbantuan media Pick The Fries. Tujuan dari penelian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) berbantuan media pick the fries terhadap minat belajar kelas III pada mata Pelajaran PKn MINU WARU II Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis quasi eksperimen menggunakan Nonequivalent Control Group Design yaitu menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data ini menggunakan angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan static inferensial dengan jenis statistik parametrik uji t dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan terdapat perbedaan nilai rata-rata antara minat belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan model kooperatif tipe TGT berbantuan media pick the fries. Hasil analisis ini diperoleh nilai thitung sebesar 5.388 lebih besar dari ttabel sebesar 1,677 dan diperkuat dengan nilai signifikan 2-tailed 0,000, data tersebut lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penerapan model kooperatif tipe TGT berbantuan media pick the fries terhadap minat belajar peserta didik kelas III MINU WARU II Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadani, Zulfalailazulfalaila3001@gmail.com06040720096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Minat Siswa
Keywords: Model kooperatif tipe TGT; media Pick The Fries; minat belajar PKn
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 78459 not found.
Date Deposited: 03 Apr 2024 03:08
Last Modified: 03 Apr 2024 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69244

Actions (login required)

View Item View Item