Pengaruh metode permainan domat (domino matematika) terhadap minat belajar Matematika siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah NU Waru 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahma, Putri Rosyidatur (2024) Pengaruh metode permainan domat (domino matematika) terhadap minat belajar Matematika siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah NU Waru 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Rosyidatur Rahma_06040720089 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 March 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Putri Rosyidatur Rahma_06040720089.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh hasil observasi dan wawancara yang mana dalam kelas tersebut masih menggunakan metode pembelajaran secara konvensional yang berdampak pada kurangnya minat siswa dalam pembelajaran Matematika. Hal tersebut dibuktikan dengan kondisi ketika guru menyampaikan materi banyak siswa yang bergurau, asik bercerita dengan temannya bahkan tidur, juga ketika di tanya mengenai tugas banyak siswa yang tidak mengerjakan. Rendahnya minat tersebut dikarenakan metode pembelajaran yang masih konvesional. Oleh karena itu peneliti melakukan design pembelajaran Matematika menggunakan metode permainan DOMAT (domino Matematika).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode permainan DOMAT (domino Matematika) terhadap minat belajar Matematika siswa kelas III MINU Waru 2 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design yaitu menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data ini menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan statistic inferensial dengan jenis statistic parametrik Uji T dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan terdapat perbedaan skor antara minat belajar Matematika pada siswa yang menggunakan metode permainan domino Matematika. Dengan hasil analisis diperoleh nilai sig (2-tailed) uji t adalah 0,000. Nilai sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka H0 pada penelitian ini ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode permainan domino matematika (domat) terhadap minat belajar matematika siswa kelas III MINU Waru 2 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahma, Putri Rosyidaturputrirosyidatur@gmail.com06040720089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorMusthofa, M Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Matematika
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Minat Siswa
Keywords: Metode permainan domino Matematika; minat belajar Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Putri Rosyidatur Rahma
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:43
Last Modified: 26 Mar 2024 03:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69245

Actions (login required)

View Item View Item