Efektivitas penggunaan media pembelajaran Leaflet untuk meningkatkan maharah qira’ah siswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Al Hikmah Janti

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widianto, Toni (2024) Efektivitas penggunaan media pembelajaran Leaflet untuk meningkatkan maharah qira’ah siswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Al Hikmah Janti. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Toni Widianto_D92218082 ok.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Toni Widianto_D92218082 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 March 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini tentang Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Leaflet Untuk Meningkatkan Maharah Qira’ah Siswa Kelas IX MTs Al-Hikmah Janti. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui kemampuan membaca siswa kelas IX MTs Al-Hikmah Janti, (2) Untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran leaflet terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa kelas IX MTs Al-Hikmah Janti, (3) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran leaflet dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IX MTs Al-Hikmah Janti. Penelitian ini menggunakan penelitian aksperimen, berdesain pre-eksperimental one group pretes-posttes. Menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Menggunakan Statistik Non Parametrik uji Wilcoxon untuk analisis data. Dan teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori symbol system G. Solomon. Berdasarkan Tes Statistik diketahui nilai Asymp.Sig(2-tailed) sebesar 0,000. Karena dasar pengambilan keputusan uji Wilcoxon, jika nilai Asymp.Sig(2-tailed)<0,05 maka Ha diterima. Maka keputusan akhir dari analisis data tersebut menjelaskan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dari penelitian ini menunjukkan terdapat efektivitas penggunaan media pembelajaran leaflet untuk meningkatkan kerampilan membaca siswa kelas IX MTs Al-Hikmah Janti. Hal ini menunjukkan bahwa teori symbol systems yang digunakan oleh Peneliti sudah sesuai. Namun karena keterbatasan waktu penelitian dan sebaran kelas maka peneliti merekomendasikan penelitian ini kepada peneliti selanjutnya untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widianto, Tonitoniwidianto53@gmail.comD92218082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Thesis advisorMuflihah, Muflihahmuflihah@uinsby.ac.id2012067602
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Media pembelajaran; leaflet; maharah qiraah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Toni Widianto
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:56
Last Modified: 27 Mar 2024 03:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69246

Actions (login required)

View Item View Item