Pengaruh media Kartu Carakan terhadap minat belajar Aksara Jawa siswa Kelas III MI Badrussalam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ginanjar, Galih (2024) Pengaruh media Kartu Carakan terhadap minat belajar Aksara Jawa siswa Kelas III MI Badrussalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Galih Ginanjar_06010720005 ok.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Galih Ginanjar_06010720005 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 March 2027.

Download (7MB)

Abstract

Pokok permasalahan Utama yang dihadapi peserta didik khususnya dalam pembelajaran bahasa Jawa adalah mereka kurang minat dan bosan serta jarang terlibat aktif,dalam pembelajaran, sehingga hal ini yang menyebabkan mereka tidak berkeinginan untuk mempelajarinya. Selain itu, akibat masalah tersebut, beberapa dari mereka seringkali mengantuk, ramai, dan sibuk dengan dunia mereka sendiri. Maka dari itu peneliti menerapkan pengantar kepada peserta didik melalui Media yang digunakan karena termasuk salah satu komponen yang mempengaruhi minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan kartu carakan berdampak pada minat belajar aksara Jawa siswa di kelas III MI Badrussalam Surabaya. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol yang tidak sebanding. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III MI Badrussalam Surabaya, yang termasuk dalam kelas eksperimen (IIIA) dan kontrol (IIIB). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji-t dan penghitungan nilai N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata pretest kelas eksperimen sebesar 62.24, sedangkan kelas kontrol sebesar 60.18. Rata – rata posttest kelas eksperimen yakni sebesar 84,90, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 69.77. Hasil uji-t diperoleh Thitung > Ttabel yakni 7.507 > 1.683, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti ada perbedaan minat belajar peserta didik setelah diterapkan media kartu carakan pada pembelajaran bahasa Jawa kelas III di MI Badrussalam Surabaya. Hasil penghitungan uji N-Gain terhadap minat belajar peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 0.60 (kategori sedang) dan kelas kontrol sebesar 0.23 (kategori rendah)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ginanjar, Galihginanjargalih1922@gmail.com06010720005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin_ftkuinsa@yahoo.com2006067301
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenithinasafar@gmail.com2030078604
Subjects: Kebudayaan Jawa
Minat Siswa
Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Media Kartu Carakan; minat belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Galih Ginanjar
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:34
Last Modified: 25 Mar 2024 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69247

Actions (login required)

View Item View Item