Manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya dan di SMK Wachid Hasyim 2 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hermanto, Helmi Regy (2023) Manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya dan di SMK Wachid Hasyim 2 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Helmi Regy Hermanto_D03217017 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Helmi Regy Hermanto_D03217017 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat merupakan salah satu cara untuk membina dan dan mengembangkan hubungan yang harmonis antara sekolah dan masyarakat dalam menjalin hubungan erat dengan masyarakat. Karena keberhasilan suatu organisasi lembaga pendidikan dalam mencapai misi dan tujuannya salah satunya ditentukan oleh peranan dan kegiatan hubungan dan masyarakat baik internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Manajemen Hubungan Masyarakat di SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya dan di SMK Wachid Hasyim 2 Surabaya? (2) Upaya SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya dan di SMK Wachid Hasyim 2 Surabaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat? (3) Menganalisis Hubungan Masyarakat di SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya dan di SMK Wachid Hasyim 2 Surabaya dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat? Data penelitian ini adalah kualitatif yang dikumpulkan melalui metode penelitian lapangan (field research) yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat yang dilakukan oleh SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya dan SMK Wachid Hasyim 2 Surabaya telah sesuai sebagaimana mestinya, selain menyusun program berdasarkan hasil evaluasi program humas sebelumnya Humas SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya dan SMK Wachid Hasyim 2 Surabaya juga melaksanakan rencana humas sesuai dengan program kerja humas. (2) Pengorganisasian dilakukan untuk beberapa program yang ada di SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya: (Program Antar Warga Sekolah, Program Warga Sekolah dengan Keluarga, Program Warga Sekolah dengan Masyarakat, Program Sekolah dengan Instansi Lain (3) Pelaksanaan humas untuk mendorong partisipasi masyarakat pada tahap pelaksanaan ini menggunakan media seperti grup Whatsapp, pembuatan brosur, nomor telpon, kotak saran, social media. Selain itu dengan digunakannya media ini SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya dan SMK Wachid Hasyim 2 Surabaya dapat menjaga komunikasi dengan pihak pihak seperti orang tua siswa, masayarakat sekitar dan instansi terkait. (3) Evaluasi dilaksanakan dengan dua cara, yaitu: evaluasi langsung dan per emapat bulan yakni sebelum semester gasal dan setelah semester gasal dan menjelang semester genap. Pihak yang berwenang dalam mengevaluasi terdiri dari Kepala Sekolah dan Waka Humas. Mereka akan membuat laporan evaluasi kegiatan. Maka dalam laporan evaluasi kegiatan akan ada dua jenis yakni partisipasi aktif dan partisipasi pasif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hermanto, Helmi Regyhelmiregy007@gmail.comD03217017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, NurUNSPECIFIED196703111992031003
Thesis advisorSulanam, SulanamUNSPECIFIED197911302014111003
Subjects: Hubungan Masyarakat
Manajemen Pendidikan
Keywords: Manajemen; hubungan masyarakat; partisipasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Helmi Hermanto
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:30
Last Modified: 26 Mar 2024 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69254

Actions (login required)

View Item View Item