Problematika penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di SMAS Dr. Soetomo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irham, Ananda Salsabiila (2024) Problematika penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di SMAS Dr. Soetomo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ananda Salsabiila Irham_06020120025 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 March 2027.

Download (6MB)
[img] Text
Ananda Salsabiila Irham_06020120025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Belum lama ini, Kemendikbudristek melakukan perubahan kurikulum dengan menetapkan kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka. Pergantian kurikulum baru tidak terlepas dari adanya Persoalan yang dialami pendidik maupun pihak sekolah. Ada beberapa rumusan masalah pada penelitian ini (1) Bagaimana penerapan kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAS Dr. Soetomo Surabaya? (2) Bagaimana problematika penerapan kurikulum Merdeka Pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAS Dr. Soetomo Surabaya? (3) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi problematika penerapan kurikulum Merdeka Pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAS Dr. Soetomo Surabaya? Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian field research atau yang biasa dikenal penelitian lapangan. Dari hasil yang didapatkan, peneliti mencoba untuk mendeskripsikan data-data yang diperoleh di lapangan dan diperkuat dengan teori yang ada. Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk pengambilan data. Hasil dari Penelitian ini menyatakan bahwa penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI-BP terdiri dari beberapa tahapan antara lain: Perencanaan Pembelajaran PAI-BP, pelaksanaan pembelajaran PAI-BP, dan Evaluasi pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran diferensiasi mata pelajaran PAI-BP di SMAS Dr. Soetomo Surabaya belum terlaksana serta asesmen diagnostik juga tidak ada. Problematika yang muncul pada penerapan Kurikulum Merdeka pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAS Dr. Soetomo Surabaya antara lain, kurang pahamnya guru terkait kurikulum merdeka, Pembelajaran diferensiasi belum terlaksana, Metode pembelajaran tidak bervariasi, minimnya Pelatihan terkait kurikulum merdeka. Strategi yang bisa dilaksanakan dengan tujuan agar bisa mengatasi problematika yang ada adalah yang pertama adalah mengikuti Pelatihan atau Workshop dengan memanfaatkan Teknologi dan Informasi secara mandiri atau dengan mendatangkan narasumber ke sekolah, memperluas pengetahuan Tentang Metode Pembelajaran yang bervariasi, berkolaborasi dan sharing dengan pendidik lainnya terkait kurikulum merdeka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irham, Ananda Salsabiilaanandasalsabiila124@gmail.com06020120025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasihuddin, M.nasihuddin245@gmail.com2024116701
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Penerapan kurikulum merdeka; problematika pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; budi pekerti
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd Ananda Salsabiila Irham
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:35
Last Modified: 27 Mar 2024 06:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69261

Actions (login required)

View Item View Item