Pengaruh rasio likuiditas dan solvabilitas terhadap return saham dengan return on asset sebagai variabel intervening: studi pada perusahaan sektor K1 dan K2 yang terdaftar di BEI periode 2019-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Sabrina Nur (2023) Pengaruh rasio likuiditas dan solvabilitas terhadap return saham dengan return on asset sebagai variabel intervening: studi pada perusahaan sektor K1 dan K2 yang terdaftar di BEI periode 2019-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sabrina Nur Aini_G93219093.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Sabrina Nur Aini_G93219093_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 March 2027.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Rasio Likuiditas dan Solvabilitas Terhadap Return Saham Dengan Return on Asset Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perusahaan Sektor K1 dan K2 Yang Terdaftar di BEI Periode 2019-2021)” ini merupakan hasil dari penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk memberikan jawaban atas pertanyaan yang berkaitan dengan rasio likuiditas dan solvabilitas utamanya time interest earned, current ratio, dan debt to equity ratio terhadap return saham melalui return on asset sebagai variabel intervening pada perusahaan yang bergerak di subsektor transportasi dan logistik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel dengan beberapa pertimbangan, yakni perusahaan yang aktivitas trading tercatat masih aktif, tidak terkena suspended, dan terlihat adanya fluktuasi harga saham serta perusahaan subsektor transportasi dan logistik yang aktif dan terdaftar di BEI paling baru tahun 2019. Data yang digunakan adalah data sekunder yang didapatkan secara online dari situs idx.co.id, idnfinancial.com, dan finance.yahoo.com. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Eviews melalui software EVIEWS 12 Student ver. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel time interest earned, current ratio, dan debt to equity ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Namun variabel time interest earned dan current ratio berpengaruh signifikan terhadap return on asset, sedangkan variabel debt to equity ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap return on asset. Variabel return on asset tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Pada variabel time interest earned, current ratio, dan debt to equity ratio secara parsial juga tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham melalui return on asset sebagai variabel intervening. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diharapkan untuk peneliti selanjutnya agar bisa mengembangkan faktor atau variabel lain yang dapat mempengaruhi return saham secara parsial maupun melalui return on asset sebagai variabel intervening untuk memperoleh hasil penelitian yang lebih baik dan bervariasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Sabrina Nursabsabrin97@gmail.comG93219093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Thesis advisorMaghfiroh, Rahma Ulfarahmaupla@gmail.com198612132019032009
Subjects: Keuangan > Keuangan - Manajemen
Manajemen
Keywords: time interest earned; current ratio; debt to equity ratio; return on asset; dan return saham
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Sabrina Nur Aini
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:11
Last Modified: 27 Mar 2024 03:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69276

Actions (login required)

View Item View Item