Korelasi antara ice breaking dengan motivasi belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VI-C Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulama Waru 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyaningrum, Fira Asiah (2024) Korelasi antara ice breaking dengan motivasi belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VI-C Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulama Waru 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fira Asiah Cahyaningrum_06020720031 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Fira Asiah Cahyaningrum_06020720031 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan rendahnya motivasi belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran PPKn seperti kurangnya perhatian peserta didik dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung, ramai, dan berbicara dengan teman, Keadaan ini dapat dikatakan bahwa peserta didik dalam keadaan jenuh sehingga guru diharuskan dapat membangun kembali motivasi belajar peserta didik salah satunya dengan memberikan ice breaking saat pembelajaran. Ice breaking dapat membantu peserta didik untuk aktif dan kembali semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana korelasi antara ice breaking dan motivasi belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara ice breaking dengan motivasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VI-C Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Waru 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis metode ex post facto dengan desain penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik kelas VI-C MINU Waru 1 Sidoarjo dengan pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh kelas VI C. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, angket wawancar dan dokumentasi. Setelah pengumpulan data, data dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara ice breaking dan motivasi belajar pada mata pelajara Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VI C Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Waru 1 Sidoarjo yang ditunjukkan berdasarkan analisis data dari uji korelasi sebesar sig. 0,00 < 0,05 dan besarnya hubungan ice breaking dengan motivasi belajar yaitu 0,782.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyaningrum, Fira Asiahfira.asiah15@gmail.com06020720031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas’ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id197309102007011017
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id198305282018011002
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Ice breaking; motivasi belajar; Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fira Cahyaningrum
Date Deposited: 04 Apr 2024 02:21
Last Modified: 04 Apr 2024 02:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69279

Actions (login required)

View Item View Item