Produksi ruang dalam pembangunan Pasar Wisata Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilya, Yusrotul (2024) Produksi ruang dalam pembangunan Pasar Wisata Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yusrotul Ilya_10010120027 ok.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Yusrotul Ilya_10010120027 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 March 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui, melihat dan menelisik lebih dalam proses terjadinya produksi ruang dalam pembangunan Pasar Wisata Bojonegoro dalam perspektif teori ruang Henri Lefebvre. Produksi ruang menurut Henri Lefebvre diartikan bahwa ruang dibentuk atas aktivitas sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini, metode kualitatif deskriptif digunakan untuk menjeleskan dan memaparkan data akurat tentang gejala, fakta, dan kejadian. Observasi, wawancara, dan studi kepustakaan adalah metode data yang digunakan. Pembangunan Pasar wisata bertujuan sebagai solusi untuk menciptakan pasar yang lebih modern dengan menyediakan fasilitas yang memadai serta kenyamanan dan keamanan yang lebih terjaga. Konsep dan tujuan pembangunan pasar wisata tidak matang dan tidak dibarengi dengan kesiapan para pedagang. Tarik menarik kepentingan antar aktor atas kuasa ruang turut mewarnai produksi ruang pasar wisata Bojonegoro. Senada dengan teori produksi ruang Henri Lefebvre, berdasarkan temuan peneliti menunjukkan bahwa ruang dihasilkan lebih dominan pembentukan ruang dari pemerintah. Adanya sebuah representasi ruang yang dibentuk oleh pemerintah. Pembangunan pasar wisata Bojonegoro merupakan ambisi atau keinginan dari pihak elite (Eksekutif daerah) untuk menghadirkan modernisasi di tengah kehidupan masyarakat Bojonegoro dalam bentuk pasar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilya, Yusrotulyusiyusrotunnaya@gmail.com10010120027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrakasita, Ajeng Widyaajengwidyaprs@gmail.com2023029502
Subjects: Politik
Pariwisata
Keywords: Produksi ruang; pasar wisata; representasi ruang
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Yusrotul Ilya
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:36
Last Modified: 27 Mar 2024 04:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69287

Actions (login required)

View Item View Item