Implementasi tauhid pada budaya bantengan khas Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Qurrotul (2024) Implementasi tauhid pada budaya bantengan khas Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qurrotul Aini_04020120058.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Qurrotul Aini_04020120058_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 March 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penyebaran ajaran Islam di Indonesia, salah satunya melalui budaya. Salah satu warisan budaya Indonesia adalah Bantengan. Saat ini bantengan eksistensinya tinggi di masyarakat, khususnya Mojokerto. Oleh karena itu peneliti tertarik dalam penelitiannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ingin mengungkapkan nilai dakwah implementasi tauhid pada budaya bantengan khas Mojokerto. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teori analisis wacana kritis Norman Fairclough. Teori analisis wacana kritis Norman Fairclough digunakan untuk menganalisa budaya bantengan khas Mojokerto, sehingga memunculkan maksud tersembunyi, yaitu implementasi tauhid. Analisis wacana kritis Norman Fairclough terbagi menjadi 3 tahap, yaitu analisis teks, produksi, dan sosial. Objek penelitian ini adalah paguyuban bantengan Laskar Maheso Lawong. Peneliti memperoleh sumber data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah dalam budaya bantengan Laskar Maheso Lawong terdapat implementasi tauhid yang tercermin dalam rukum iman, yaitu iman kepada Allah, malaikat, kitab, dan rasul. Melalui penelitian ini, peneliti berharap akan melahirkan penelitian lain yang mendukung perbaikan dan kesempurnaan penelitian ini dan menjadi pendukung berkembangnya ilmu pengetahuan, utamanya dalam bidang dakwah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Qurrotulainiq1008@gmail.com04020120058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Lukmanlukmanfahmi21@g.mail.com2021117301
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Kesenian
Budaya
Keywords: Implementasi tauhid; bantengan; wacana kritis Norman Fairclough
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Qurrotul Aini
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:01
Last Modified: 27 Mar 2024 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69288

Actions (login required)

View Item View Item