Pemetaan kualitas air dan struktur Komunitas Makroinvertebrata sebagai bioindikator di Kali Buduran, Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andhanu, Rafly Rahmatan (2024) Pemetaan kualitas air dan struktur Komunitas Makroinvertebrata sebagai bioindikator di Kali Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rafly Rahmatan Andhanu_09020520044 ok.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Rafly Rahmatan Andhanu_09020520044 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 March 2027.

Download (6MB)

Abstract

Kali Buduran di Kabupaten Sidoarjo adalah salah satu aliran sungai yang terpengaruh oleh aktivitas pemukiman, pertanian, dan industri di sekitarnya. Pemantauan kualitas air sangat penting untuk mencegah pencemaran dan memahami kondisi lingkungan perairan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas air dan struktur komunitas makroinvertebrata serta memetakan kualitas air Kali Buduran. Metode Indeks Pencemar (IP) dan Family Biotic Index (FBI) digunakan untuk mengevaluasi kualitas air berdasarkan parameter fisika-kimia serta komunitas makroinvertebrata. Pemetaan sebaran Indeks Pencemaran dan interpolasi spasial Air di Kali Buduran mendeskripsikan indeks kualitas dan pencemaran air, serta variasi sebaran pencemar berdasarkan parameter fisika dan kimia. Hasil uji kadar parameter fisika-kimia dilakukan interpolasi spasial dengan metode IDW menggunakan perangkat lunak QGIS. Penelitian ini penting untuk memberikan data validasi tentang kualitas air dan membantu dalam pengambilan keputusan terkait pengelolaan lingkungan perairan. Pengambilan sampel dilakukan pada empat titik lokasi yang berbeda. Pengambilan sampel air dilakukan menggunakan alat sederhana, sedangkan pengambilan sampel makroinverterbata dilakukan dengan menggunkan teknik jabbing. Kedua hasil sampel dilakukan uji pada Gedung Laboratorium Fakultas Sains dan Teknologi Univeritas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Hasil analisis nilai Indeks Pencemar pada titik pertama sebesar 8,75, titik kedua mencapai 9,94, titik ketiga nilai Indeks Pencemar mencapai 11,35, titik keempat memiliki skor Indeks Pencemar sebesar 10,91. Hasil analisis pada nilai FBI menunjukkan pada lokasi titik 1 sebesar 2,72, titik 2 sebesar 4,46, titik 3 sebesar 6,54 dan titik 4 dengan nilai FBI sebesar 3,84. Pemetaan wilayah sekitar kali Buduran menunjukkan dampak signifikan dari aktivitas manusia, khususnya industri, pertanian dan pemukiman yang dapat mengurangi kadar oksigen terlarut dalam air.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andhanu, Rafly Rahmatanryanrafly72@gmail.com09020520044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuprayogi, Dedydsuprayogi@uinsby.ac.id0711125102
Thesis advisorOktorina, Saritasaritaoktorina@gimail.com2005108701
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Biomonitoring; Famili Biotik Index (FBI); indeks pencemar; pemetaan; kualitas air
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: rafly rahmatan andhanu
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:08
Last Modified: 27 Mar 2024 04:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69290

Actions (login required)

View Item View Item