تأثير استخدام وسيلة فيديو التعليم من خلال ‘’ 123 Apps’’لترقية مهارة الاستماع والكلام للطلاب في الصف السابع بالمدرسة المتوسطةنور الحكمة الإسلامية سورابايا - Pengaruh penggunaan media video pembelajaran menggunakan 123Apps terhadap peningkatan keterampilan medengar dan berbicara siswa Kelas VII MTs Nurul Hikmah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chotimah, Husnul (2024) تأثير استخدام وسيلة فيديو التعليم من خلال ‘’ 123 Apps’’لترقية مهارة الاستماع والكلام للطلاب في الصف السابع بالمدرسة المتوسطةنور الحكمة الإسلامية سورابايا - Pengaruh penggunaan media video pembelajaran menggunakan 123Apps terhadap peningkatan keterampilan medengar dan berbicara siswa Kelas VII MTs Nurul Hikmah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Husnul Chotimah_06020220036 ok.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Husnul Chotimah_06020220036 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 March 2027.

Download (4MB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Nurul Hikmah Surabaya khususnya kelas VII peneliti menemukan beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran Bahasa Arab terutama dalam keterampilan mendengar dan berbicara dan belum digunakan media yang modern dan sesuai dengan materi hanya menggunakan buku sebagai media, oleh kare itu menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi terkait mendengar dan berbicara. Siswa lebih senang jika media yang digunakan modern dan sesuai dengan materi yang dipelajari. Dengan demikian peneliti menggunakan media pembelajaran video dengan 123Apps sehingga siswa dapat memahami materi dengan baik.
Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui keterampilan mendengar dan berbicara siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Hikmah Surabaya sebelum menggunakan media pembelajaran video dengan 123Apps, 2) untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran video dengan 123Apps dalam meningkatkan keterampilan mendengar dan berbicara siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Hikmah Surabaya, 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video dengan 123Apps dalam meningkatkan keterampilan mendengar dan berbicara siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Hikmah Surabaya. Model penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif dan dalammengumpulkan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Sampel peneliti berjumlah 31 siswa kelas VII B di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hikmah Surabaya. Adapun hasil penelitian ini adalah untuk Keterampilan mendengar nilai Sig (0,009) lebih kecil dari 0,05 dan nilai t hitung (2,786) lebih besar dari t tabel (2,045) dan ini menunjukkan H_o ditolak danH_aditerima. Sedangkan untuk keterampilan berbicara nilai Sig (0,000) lebih kecil dari 0,05 dan nilai t hitung (16,201) lebih besar dari t tabel (2,045) dan ini menunjukkan H_o ditolak danH_aditerima. Maka dengan demikian terdapat pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran video dengan 123Apps untuk meningkatkan kemampuan keterampilan mendengar dan berbicara siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Hikmah Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chotimah, Husnul06020220036@student.uinsby.ac.id06020220036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNu'man, MuhammadUNSPECIFIED196902221996031008
Thesis advisorNajib, AanUNSPECIFIED195910151998031001
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Media video pembelajaran; 123Apps; keterampilan mendengar dan berbicara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Husnul Chotimah
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:21
Last Modified: 27 Mar 2024 06:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69292

Actions (login required)

View Item View Item