Fenomena verbal bullying menggunakan nama orang tua serta peran guru PAI dalam menanggulanginya: studi kasus di SDN Becirongengor Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umam, Muhammad Syahru Khoiril (2024) Fenomena verbal bullying menggunakan nama orang tua serta peran guru PAI dalam menanggulanginya: studi kasus di SDN Becirongengor Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Syahru Khoiril Umam_06020120043 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 March 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Muhammad Syahru Khoiril Umam_06020120043.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fenomena verbal bullying menggunakan nama orang tua sering kali dipandang remeh, namun pada kenyataan hal tersebut sangat negatif jika ditinjau dari segi adab dan dampak yang ditimbulkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji fenomena tersebut dengan fokus pada SD Negeri Becirongengor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran fenomena verbal bullying menggunakan nama orang tua di SD Negeri Becirongengor, pemahaman siswa terhadap fenomena ini, motif dan faktor penyebab, karakteristik pelaku dan korban, dampak, serta peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanggulangi masalah tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian meliputi siswa, wali kelas dan guru PAI di SD Negeri Becirongengor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fenomena verbal bullying menggunakan nama orang tua cukup sering terjadi di SD Negeri Becirongengor, dengan beberapa motif seperti candaan, kekuasaan, pengalaman kelam, dan emosi. Peran guru PAI dalam menanggulangi fenomena verbal bullying sangat penting. Guru PAI bertindak sebagai pembimbing dan pendamping siswa dalam mengatasi masalah sosial. Melalui pendekatan yang tepat dan konsisten, guru PAI dapat memberikan edukasi kepada siswa tentang konsep bullying, dampak buruknya, serta cara menghindari dan menanggulangi perilaku tersebut. Upaya guru PAI dalam memberikan peringatan dan sanksi kepada pelaku telah terbukti efektif dalam mengurangi perilaku verbal bullying menggunakan nama orang tua di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umam, Muhammad Syahru Khoirilbismillah9aja@gmail.com06020120043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Bimbingan Penyuluhan
Keywords: Verbal bullying; nama Orang tua; peran guru PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MUHAMMAD SYAHRU KHOIRIL UMAM
Date Deposited: 28 Mar 2024 06:53
Last Modified: 28 Mar 2024 06:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69306

Actions (login required)

View Item View Item