Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Materi Gaya dan Gerak di SMP Negeri 20 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardani, Nadya Sasti Kusuma (2024) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Materi Gaya dan Gerak di SMP Negeri 20 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadya Sasti Kusuma Wardani_06041020029.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Nadya Sasti Kusuma Wardani_06041020029_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 April 2027.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan kurikulum merdeka yang menekankan proses pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil studi awal kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Negeri 20 Gresik masih dalam kategori rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif dapat dipengaruhi oleh gaya belajar. Rata-rata guru dan siswa SMP Negeri 20 Gresik belum mengetahui gaya belajar yang sesuai. Gaya belajar merupakan cara yang cenderung digunakan oleh seseorang untuk memperoleh, menyerap, mengatur, dan mengolah informasi pada saat pembelajaran. Identifikasi gaya belajar sangat dibutuhkan dalam penerapan kurikulum merdeka yang lebih mengutamakan karakteristik setiap siswa. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari gaya belajar pada materi gaya dan gerak di SMP Negeri 20 Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian analitik obervasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 286 siswa kelas VII. Pengambilan sampel dihitung menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh 166 siswa yang kemudian dipilih dengan teknik simple random sampling dengan bantuan web wheel of names. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk menguji istrumen, uji normalitas dan homogenitas sebagai uji asumsi, dan uji One Way Anova yang dilanjut uji LSD (Least Significant Difference) sebagai uji hipotesis. Hasil identifikasi gaya belajar didapatkan 62 siswa memiliki gaya belajar visual, 54 siswa memiliki gaya belajar auditori, dan 50 siswa memiliki gaya belajar kinestetik. Hasil tes kemampuan berpikir kreatif didapatkan rata-rata siswa gaya belajar visual sebesar 25,6 dengan presentase 64%, rata-rata gaya belajar auditori sebesar 20,7 dengan presentase 52%, dan rata-rata siswa gaya belajar kinestetik sebesar 22,28 dengan presentase 56%. Hasil uji hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik pada materi gaya dan gerak di SMP Negeri 20 Gresik. Siswa dengan gaya belajar visual memiki kemampuan berpikir kreatif tingkat 3 (kategori kreatif), sedangkan siswa dengan gaya belajar auditori dan kinestetik memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat 2 (kategori cukup kreatif). Urutan kemampuan berpikir kreatif siswa dari yang tertinggi ke terendah yaitu, kemampuan berpikir kreatif siswa gaya belajar visual, kinestetik, dan auditori.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardani, Nadya Sasti Kusumanadyasastikw2709@gmail.com06041020029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorUmmah, Khoirotulummah3005@gmail.com2030059104
Subjects: Fisika
Minat Siswa
Pendidikan
Keywords: Kemampuan berpikir kreatif; gaya belajar; gaya dan gerak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Nadya Sasti Kusuma Wardani
Date Deposited: 16 Apr 2024 04:37
Last Modified: 16 Apr 2024 04:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69308

Actions (login required)

View Item View Item