Pengelolaan program Madrasah Ramah Anak (MRA) perspektif kepala madrasah perempuan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiqomah, Nefis Faiqotul (2024) Pengelolaan program Madrasah Ramah Anak (MRA) perspektif kepala madrasah perempuan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nefis Faiqotul Istiqomah_06020320045 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nefis Faiqotul Istiqomah_06020320045 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 March 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Pengelolaan Program Madrasah Ramah Anak (MRA) Perspektif Kepala Madrasah Perempuan di MTSN 3 Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai pengelolaan program madrasah ramah anak perspektif kepala madrasah perempuan di MTSN 3 kota Surabaya, faktor pendukung pengelolaan program madrasah ramah anak di MTSN 3 kota Surabaya, dan faktor penghambat pengelolaan program madrasah ramah anak di MTSN 3 kota Surabaya. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun informan penelitian terdiri dari kepala madrasah perempuan, ketua tim pelaksana program madrasah ramah anak (MRA), guru BK, wali murid, dan siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan teknik angulasi data dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pengelolaan program madrasah ramah anak yang dilakukan oleh kepala madrasah perempuan MTSN 3 kota Surabaya ialah melalui empat tahapan yakni: persiapan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Program MRA di MTSN 3 kota Surabaya merupakan program yang mengedepankan kepentingan anak, pelayanan yang baik bagi anak, memberikan perlindungan, non diskriminasi, dan menjunjung tinggi hak anak. (2) Faktor pendukung pengelolaan program MRA di MTSN 3 kota Surabaya ialah terdapat antusias dan partisipasi dari para stakeholder madrasah, serta adanya fasilitas dan lingkungan yang diciptakan dengan nyaman, sehat, bersih, dan aman. (3) Faktor penghambat pengelolaan program MRA di MTSN 3 kota Surabaya ialah banyaknya keanekaragaman peserta didik, sehingga dalam pembelajaran guru dituntut lebih kreatif agar bisa menanggapi dan merespon baik peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiqomah, Nefis Faiqotulistiqomahnefis@gmail.com06020320045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorFauzi, Ahmadahmad.fauzi@uinsby.ac.id2025057904
Subjects: Kepala Sekolah
Kepemimpinan
Keywords: Pengelolaan; madrasah ramah anak; kepala madrasah perempuan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nefis Faiqotul Istiqomah
Date Deposited: 28 Mar 2024 06:44
Last Modified: 28 Mar 2024 06:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69344

Actions (login required)

View Item View Item