المناسبة بين الطريقة والمواد التعليمية العربية : تحليل كتاب "إسعاف الطالبين في علم النحو" لمحمد شكري أونس وفق معايير الوطنية - Kesesuaian antara metode dengan Bahan Ajar Bahasa Arab: analisis Kitab Isafut Thalibin Fii Ilmi Nahwi karya Muhammad Syukri Unus sesuai dengan standar nasional

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholifah, Azizah Nur (2024) المناسبة بين الطريقة والمواد التعليمية العربية : تحليل كتاب "إسعاف الطالبين في علم النحو" لمحمد شكري أونس وفق معايير الوطنية - Kesesuaian antara metode dengan Bahan Ajar Bahasa Arab: analisis Kitab Isafut Thalibin Fii Ilmi Nahwi karya Muhammad Syukri Unus sesuai dengan standar nasional. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azizah Nur Kholifah_06020220029 ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Azizah Nur Kholifah_06020220029 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 March 2027.

Download (1MB)

Abstract

Bahan ajar merupakan sumber utama dalam pembelajaran Bahasa arab. Bahan ajar memiliki peran penting dalam mencapai keberhasilan belajar. Disamping itu, salah satu faktor lain yang menunjang keberhasilan belajar adalah metode pembelajaran. Oleh karena itu, metode pembelajaran yang digunakan oleh guru harus sesuai dengan bahan ajar yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah buku isafut thalibin fii ilmi nahwi an metode “syahid” layak digunakan dalam pembelajaran dan telah sesuai dengan standar nasional buku ajar yang tercantum dalam Permendikbudristek no 22 tahun 2022 untuk buku ajar dan permendikbudristek no 16 tahun 2022 untuk metode. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut: bagaimana bahan ajar kitab is’afut Thalibin fii ilmi nahwi menurut standar nasional? Bagaimana metode syahid pada kitab is’afut thalibin fii ili nahwu menurut standar nasional? Bagaimana kesesuaian antara metode dengan bahan ajar kitab is’afut thalibin menurut standar nasional?. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu metode dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar kitab isafut thalibin fii ilmi nahwi dan metode “syahid” baik digunakan dalam pembelajaran nahwu dan telah memenuhi beberapa kriteria dalam standar nasional yang Hanya saja terdapat beberapa kriteria yang perlu diperbaiki agar lebih sesuai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholifah, Azizah Nurazizahkholifah8@gmail.com06020220029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, MuhammadUNSPECIFIED2025077402
Thesis advisorJannah, Ida MiftakhulUNSPECIFIED2006088002
Subjects: Buku > Buku Pelajaran
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Kesesuaian; Kitab Isafut Thalibin fii Ilmi Nahwi; metode Syahid
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Azizah Nur Kholifah
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:07
Last Modified: 28 Mar 2024 07:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69351

Actions (login required)

View Item View Item