Adaptasi sosial penghuni di rumah peduli Lansia Tribuana Tunggadewi Kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iman, Sobri Nuril (2024) Adaptasi sosial penghuni di rumah peduli Lansia Tribuana Tunggadewi Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sobri Nuril Iman_10010320027 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Sobri Nuril Iman_10010320027 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adaptasi lanjut usia dengan penghuni lainya serta norma berlaku di Rumah Peduli Lansia Kota Mojokerto. Karena ketergantungan dan ketidakberdayaan lansia tersebut, maka diputuskan menjadi beban dan menjadi alasan bagi keluarga tertentu sehingga sering kali lanjut usia menempatkan mereka di panti jompo, sehingga ketika lanjut usia di pindahkan ke panti jompo yang merupakan lingkungan baru menajadikan lanjut usia akan susah untuk beradaptasi, dikarenakan menurunya kondisi fisik,stamina,mental pada lanjut usia. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metode femonologi. Subjek penelitian ini di tentukan dengan purposive sampling, yaitu petugas, driver, dan lansia di Rumah Peduli Lansia. Teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara, dan dokumentasi. Data yang di himpun di analisis melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Kemudian untuk mengecek pencermatan keabsahan data menggunakan tringulasi sumber data. Penelitian ini menunjukkan bahwa adaptasi lansia melibatkan dua proses. Proses adaptasi dengan penghuni terdiri dari tiga tahap: pengenalan dengan penghuni lama, masa penerimaan, dan akhirnya diterima atau ditolak. Sedangkan proses adaptasi dengan norma juga melalui tiga tahap: pengenalan terhadap norma, pemberontakan, dan pertimbangan untuk penyesuaian kembali. Oleh karena itu, lansia yang tinggal di Rumah Peduli Lansia mungkin awalnya tidak nyaman, tetapi mereka kembali lagi karena tidak memiliki orang yang merawat mereka, dan akhirnya memilih rumah peduli lansia sebagai tempat untuk menghabiskan sisa hidup mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iman, Sobri Nurilsobrinuril1@gmail.com10010320027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Amalamal_taufiq@yahoo.co.id--
Subjects: Broken Home
Sosiologi
Keywords: Adapasi; Lanjut Usia; Norma.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: sobri nuril
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:42
Last Modified: 01 Apr 2024 03:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69355

Actions (login required)

View Item View Item