Implementasi kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah penggerak di SMAS Mazra’atul Ulum Paciran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sherine, Esqina Audiyah (2024) Implementasi kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah penggerak di SMAS Mazra’atul Ulum Paciran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Esqina Audiyah Sherine_06040320078 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Esqina Audiyah Sherine_06040320078 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah penggerak di SMAS Mazra’atul Ulum. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisa data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Implementasi kompetensi manajerial kepala sekolah di SMAS Mazra’atul Ulum Paciran meliputi: a) Perencanaan, penyusunan program sekolah di sesuaikan dengan visi dan misi dan tujuan sekolah, menyiapkan peserta didik dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, perangkat ajar, dokumen KOSP, modul ajar dan modul proyek dengan melibatkan guru serta peserta didik kelas X dan XI, mempersiapkan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran serta bentuk kegiatan yang akan dilakukan yaitu membuat proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila. b) Pengorganisasian, pembentukan tim kerja melibatkan guru dan tenaga pendidik lainnya dengan membagi tugas sesuai posisi masing-masing. Pada Program Sekolah Penggerak semua ikut bergerak dan saling bekerjasama dalam mencapai tujuan yang telah disepakati. c) Pengarahan, memberikan kepercayaan, dukungan, bermusyawarah dan saling berkomunikasi dengan para guru serta memberikan kewenangan bagi guru untuk menyampaikan pendapat mengenai kebutuhannya. d) Pengawasan, monitoring dan evaluasi yang berkaitan erat dengan perencanaan. Pengawasan dilakukan untuk saling mengadakan penilaian dan koreksi antara pimpinan dengan anggotanya. (2) Mutu Sekolah Penggerak meliputi: a) Kurikulum, kurikulum yang diterapkan di SMAS Mazra’atul Ulum telah sesuai dengan standar kurikulum nasional. b) Sarana dan Prasarana, dianggap memadai, memberikan kontribusi positif pada efektivitas belajar mengajar, serta dapat dijadikan indikator peningkatan mutu pendidikan. c) Kegiatan Belajar Mengajar, kepala sekolah melakukan supervisi dan penilaian kinerja guru setiap tahun, serta mengadakan berbagai program pelatihan dan kerjasama dengan lembaga lain untuk meningkatkan kualitas pengajaran guru. 3) Implementasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Penggerak di SMAS Mazra’atul Ulum Paciran sudah dilaksanakan oleh Kepala Sekolah dengan baik. Kepala sekolah terlibat dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan secara efektif, serta terus mengembangkan diri untuk memberikan yang terbaik bagi siswa, staf, dan sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sherine, Esqina Audiyahesqinasherine20@gmail.com06040320078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Thesis advisorBachtiyar, Machfudbachtiyar.mahfud@gmail.com2009047701
Subjects: Kurikulum
Manajemen Pendidikan
Pendidikan
Keywords: Kompetensi manajerial; mutu pendidikan; program sekolah penggerak.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Esqina Audiyah Sherine
Date Deposited: 05 Apr 2024 04:58
Last Modified: 05 Apr 2024 04:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69364

Actions (login required)

View Item View Item