Determinan produktivitas tenaga kerja industri rumah tangga kampung pia di Dusun Warurejo Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haq, Aisyah Amira (2024) Determinan produktivitas tenaga kerja industri rumah tangga kampung pia di Dusun Warurejo Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aisyah Amira Haq_08040120078 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aisyah Amira Haq_08040120078 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan tenaga kerja setiap industri menghasilkan nilai produktivitas yang berbeda, kondisi ini dipengaruhi beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh usia, pendidikan, jenis kelamin, lama bekerja dan jumlah tanggungan terhadap, produktivitas tenaga kerja di industri kampung pia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Faktor produktivitas tenaga kerja diklasifikasikan menjadi tiga kriteria yakni skala rendah, skala menengah dan skala tinggi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan kuesioner. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling dan menggunakan simple random sampling. Pengukuran perhitungan sampel menggunakan rumus slovin dan menghasilkan 66 responden. Metode pengujian yang digunakan adalah model uji regresi logsitik multinomial, dengan menggunakan bantuan alat statistik SPSS 25. Bahwa penelitian ini ditentukan dengan beberapa uji yang telah memenuhi kriteria pengujian diantaranya; uji keseluruhan model, uji signifikan model, uji parsial, uji parameter dan uji koefesien R sebesar 0.963. Hasil penelitian menunjukkan uji simultan dan uji parsial menghasilkan signifikan positif. Berdasarkan hasil penelitian ini industri produktivitas tenaga kerja menyebabkan produksi lambat dan tidak sesuai dengan target. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas tenaga kerja, antara lain usia, jenis kelamin, pendidikan, lama kerja, dan jumlah tanggungan. Sebagai upaya meminalisir konsistensi produktivitas tenaga kerja, maka perbaikan kualitas pekerja diarahkan pada peningkatan pendidikan, dan lama bekerja. Oleh sebab itu penting bagi setiap industri untuk menjaga konsistensi produktivitas tenaga kerja, agar dapat menghasilkan skala produksi yang lebih tinggi dalam setiap proses produksinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haq, Aisyah Amira08040120078@uinsby.ac.id08040120078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKafabih, Abdullahabdullahkafabih@uinsby.ac.id2007089103
Subjects: Ekonomi
Keywords: Usia; Pendidikan; Jenis Kelamin; Lama Bekerja; Jumlah Tanggungan; Produktivitas Tenaga Kerja; Industri Kampung Pia.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Aisyah Amira Haq
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:21
Last Modified: 01 Apr 2024 04:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69365

Actions (login required)

View Item View Item