Peran kesenian al-Banjari terhadap spiritualitas remaja di Majelis Riyadlul Jannah Pamekasan Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ferdiansyah, Achmad Felix Octa (2024) Peran kesenian al-Banjari terhadap spiritualitas remaja di Majelis Riyadlul Jannah Pamekasan Madura. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Felix Octa Ferdiansyah_07020620015 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 April 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Achmad Felix Octa Ferdiansyah_07020620015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kesenian Al-Banjari masih merupakan jenis musik rebana yang mempunyai keterkaitan sejarah pada masa penyebaran agama Islam oleh Sunan Kalijaga, Jawa. Dengan seiring berkembangnya zaman, segala kesenian bermunculan yang masuk ke dalam masyarakat terutama bagi kalangan remaja. Dimana hal ini mengakibatkan eksistensi Al-Banjari semakin menurun, sikap spiritual masyarakat terutama pada remaja masih rendah, nilai-nilai keagamaan dan keterampilan remaja masih sangat kurang, serta banyak remaja juga kehilangan minatnya terhadap musik Al-Banjari dan bersholawat. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1) bagaimana pelaksanaan kegiatan kesenian Al-Banjari di Majelis Riyadlul Jannah Pamekasan Madura. 2) apa saja indikator spiritualitas pada remaja di Majelis Riyadlul Jannah Pamekasan Madura dan 3) bagaimana peran kesenian Al-Banjari terhadap spiritualitas remaja di Majelis Riyadlul Jannah Pamekasan Madura. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi untuk memahami dan mengamati keadaan pada obyek yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesenian Al-Banjari tidak hanya menjadi wadah untuk ekspresi keagamaan dan kebudayaan, tetapi juga sebagai sarana untuk mengamalkan nilai-nilai Islam yang mendasar dan meningkatkan spiritualitas remaja, seperti istiqomah, syukur, qonaah, tawakal, dan tawadud dalam kehidupan sehari-hari. Dan kesenian Al-Banjari dapat menjadi sarana yang efektif dalam membantu remaja untuk mengembangkan dan memperkuat dimensi spiritual dalam kehidupan mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ferdiansyah, Achmad Felix Octafelixocta1@gmail.com07020620015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSahal, Muktafimuktafi.sahal@gmail.com2013086001
Subjects: Kesenian > Kesenian Islam
Remaja
Spiritualisme
Keywords: Kesenian al-Banjari; spiritualitas; remaja
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Achmad Felix Octa Ferdiansyah
Date Deposited: 03 Apr 2024 03:50
Last Modified: 03 Apr 2024 03:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69367

Actions (login required)

View Item View Item