Media sosial sebagai sarana komunikas politik Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sanjaya, Yessi Ellyt (2024) Media sosial sebagai sarana komunikas politik Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yessi Ellyt Sanjaya_10020120068 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 April 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Yessi Ellyt Sanjaya_10020120068.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan jawaban atasan rumusan masalah peneliti, yaitu yang pertama tentang bagaimana tim media DPW PKB Jawa Timur dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana perubahan citra partai politik. Dan rumusan yang kedua yaitu, bagaimana tim media DPW PKB Jawa Timur dalam menentukan isu dan posisioning politik sebagai konten media sosial. Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan media sosial sebagai platform untuk meningkatkan elektabilitas dan juga merubah citra negatif menjadi positif dan juga sebagai saran prasarana komunikasi oleh politisi DPW PKB Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik observasi,wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penemuan data di lapangan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa DPW PKB Jawa Timur melakukan komunikasi politik lewat media sosial dalam meningkatkan eksistensi dan juga perubahan citra positif dengan menggunakan Teori “Restorasi image” oleh William L.benoit teori ini membahas bahwa konteks komunikasi politik merujuk pada upaya untuk memperbaiki atau memulihkan citra atau reputasi seorang politisi atau pemerintah yang telah tercemar atau rusak akibat berbagai alasan seperti, kritik, atau peristiwa negatif lainnya. Dan teori yang kedua adalah “Agenda Setting” oleh Maxwell McCombs dan Donald L. Shaw. Teori “Agenda Setting” menjadi dasar bagi banyak penelitian dan analisis dalam bidang komunikasi politik, membantu memahami bagaimana media sosial memainkan peran penting dalam membentuk pemahaman masyarakat tentang isu-isu politik yang sedang berlangsung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sanjaya, Yessi Ellytyessiellytsajaya@gmail.com10020120068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBahar, Moh. Syaefulbosbahar@yahoo.com2015037803
Subjects: Komunikasi
Media Sosial
Politik
Keywords: Komunikasi politik; media sosial; DPW PKB Jawa Timur
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: yessi ellyt sanjaya binyamin anwar
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:30
Last Modified: 24 Apr 2024 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69374

Actions (login required)

View Item View Item