Gastrodiplomasi: upaya Korean Culture Center Indonesia dalam mempromosikan kuliner khas Korea Selatan di Indonesia Tahun 2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qurrota-Aini, Shofiynanda (2023) Gastrodiplomasi: upaya Korean Culture Center Indonesia dalam mempromosikan kuliner khas Korea Selatan di Indonesia Tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofiynanda Qurrota-Aini_I72219051 ok.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Shofiynanda Qurrota-Aini_I72219051 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (5MB)

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, kuliner khas Korea Selatan telah menarik perhatian masyarakat Indonesia. Melonjaknya popularitas makanan Korea di Indonesia terjadi akibat faktor fenomena gelombang Korea yang semakin menuniukkan eksistensinya di berbagai negara, termasuk Indonesia. Salah satu langkah yang diambil oleh Korea Selatan dalam mempromosikan kulinernya di Indonesia yaitu dengan mendirikan pusat kebudayaan di Indonesia yang bernama Korean Culture Center Indonesia. KCC Indonesia sendiri diharapkan mampu menjadi perantara untuk penerapan gastrodiplomasi antara Korea Selatan dan Indonesia. Peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui upaya Korean Culture Center Indonesia dalam mempromosikan kuliner khas Korea Selatan di Indonesia pada tahun 2022. Skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data melalui jurnal online, berita online, laporan penelitian terdahulu, laman resmi, dan juga akun sosial media official. Penggalian data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis dalam bentuk deskripsi. Pada penelitian ini ditemukan bahwa terdapat empat upaya yang dilakukan oleh KCC Indonesia, yakni: yang pertama melalui media budaya popular salah satunya diwujudkan dengan mengadakan K-Food event yang kolaborasi dengan IIRUM selaku restoran Korea yang mengusung tema foodcourt; yang kedua melalui media sosial salah satunya diwujudkan dengan peliputan video dan penerbitan berita di berbagai platform media sosial KCC Indonesia; yang ketiga melalui media kursus dan pendidikan Bahasa Korea yang diwujudkan dengan adanya kursus memasak yang merangkap kegiatan belajar Bahasa Korea; dan yang keempat melalui produk bahan makanan halal yang diwujudkan dengan penggunaan produk-produk makanan halal pada event yang diselenggarakan oleh KCC Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qurrota-Aini, Shofiynandashofiy.nanda127@gmail.comI72219051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Zakyzakyismail@uinsby.ac.id2030128201
Subjects: Hubungan Internasional
Budaya
Keywords: Gastrodiplomasi; kuliner khas Korea Selatan; Korean Culture Center Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Shofiynanda Qurrota-aini
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:08
Last Modified: 01 Apr 2024 07:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69376

Actions (login required)

View Item View Item