Pengaruh media serial Film Upin dan Ipin dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap karakter sosial tolong menolong peserta didik Kelas III MINU Waru 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faiqoh, Elok (2024) Pengaruh media serial Film Upin dan Ipin dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap karakter sosial tolong menolong peserta didik Kelas III MINU Waru 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elok Faiqoh_06020720026 ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Elok Faiqoh_06020720026 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter pada peserta didik sejak usia dini sangat penting, karena pada masa kanak – kanak kepribadian seseorang mulai berkembang. Memanfaatkan media dalam pembelajaran tidak semua guru melakukan karena guru cenderung menggunakan metode ceramah, sehingga pembelajaran terkesan kurang menarik dan peserta didik mudah bosan bahkan terkadang mengabaikan penjelasan guru. Penggunaan media serial film Upin dan Ipin dalam pembelajaran PKn dianggap mampu memberikan pemahaman karakter sosial tolong menolong, karena anak akan lebih mudah memahami pesan moral dengan menonton film sehingga peserta didik cenderung akan meniru perilaku dan sikap dari karakter yang ditampilkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Lokasi penelitian bertempat di MINU Waru 2 Sidoarjo pada bulan Februari. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III MINU Waru 2 Sidoarjo, sampel yang dijadikan sebagai kelas kontrol berjumlah 21 peserta didik dan sampel yang dijadikan kelas eksperimen berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, analisa data yang didapatkan dari hasil penelitian menggunakan teknik analisa data statistik deskriptif dan inferensial dengan bantuan SPSS versi 29.
Hasil penelitian pembelajaran PKn dengan media serial film Upin dan Ipin memiliki pengaruh terhadap karakter sosial tolong menolong peserta didik kelas III MINU Waru 2 Sidoarjo. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata – rata post-test yang dilakukan pada kelas kontrol dan eksperimen yakni 69,71 pada kelas kontrol dan 86,88 pada kelas eksperimen. Pengujian hipotesis yang dilakukan pada penelitian ini juga terdapat pengaruh media serial film upin dan ipin dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan terhadap karakter sosial tolong menolong peserta didik, hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai signifikansi pada uji – t sebesar 0,001 ≤ 0,05.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faiqoh, Elokelfaiqoh7@gmail.com06020720026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com2009047302
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Media Massa
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pembelajaran PKn; Film Upin dan Ipin; karakter sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Elok Faiqoh
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:15
Last Modified: 01 Apr 2024 07:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69385

Actions (login required)

View Item View Item