Pengaruh empati dan rumination terhadap forgiveness pada Siswa MAS Nurul Quran Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anisa, Ananda Lutifia (2023) Pengaruh empati dan rumination terhadap forgiveness pada Siswa MAS Nurul Quran Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ananda Lutfia Anisa_J01219007 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ananda Lutfia Anisa_J01219007 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh empati dan rumination terhadap forgiveness pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Subjek penelitian berjumlah 150 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar angket skala empati, rumination, dan forgiveness. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara empati dan rumination dengan forgiveness pada siswa dengan nilai koefisien 0.000 < 0.05. Artinya semakin tinggi empati yang dimiliki dan semakin rendahnya rumination maka semakin tinggi pula forgiveness yang dimiliki siswa MAS Nurul Qur’an Jombang. Kontribusi pengaruh dari variabel empati dan rumination secara bersama-sama terhadap forgiveness sebesar 71,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dan ditemukan adanya pengaruh yang signifikan antara empati dan rumination terhadap forgiveness pada siwa MAS Nurul Qur’an Jombang. Serta diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan sampel yang lebih luas dan banyak, dan juga mempertimbangkan faktor lain yang mempengaruhi forgiveness.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anisa, Ananda Lutifiananaquinee@gmail.comJ01219007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholeh, Moh.moh.sholeh1960@gmail.com2009125901
Subjects: Psikologi Sosial
Keywords: Empati; rumination; forgiveness
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Ananda Lutfia Anisa
Date Deposited: 02 Apr 2024 06:39
Last Modified: 02 Apr 2024 06:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69386

Actions (login required)

View Item View Item