Korelasi pemahaman Ilmu Tajwid dengan kemampuan membaca Al-Qur’an surat pendek mata pelajaran Al-Qur’an hadis kelas 5 di MI Raudlatul Muta’allimin 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Falia Rizma (2024) Korelasi pemahaman Ilmu Tajwid dengan kemampuan membaca Al-Qur’an surat pendek mata pelajaran Al-Qur’an hadis kelas 5 di MI Raudlatul Muta’allimin 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Falia Rizma Safitri_06020720028 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Falia Rizma Safitri_06020720028 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya permasalahan yang ditemukan khususnya dalam hal pemahaman tajwid. Dimana siswa kurang menguasai tajwid dan mempunyai kemampuan membaca yang bervariasi. Akibatnya, siswa saat membaca kesulitan menerapkan mahorijul huruf. Hal ini dikarenakan guru hanya memberikan teorinya saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Korelasi Pemahaman Ilmu Tajwid Dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Surat Pendek Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas 5 Di MI Raudlatul Muta’allimin 1 Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman ilmu tajwid di kelas 5 MI Raudlatul Muta’allimin 1. 2. Untuk mengetahui Tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an Surat Pendek di kelas 5 MI Raudlatul Muta’allimin 1. 3. Untuk mengetahui korelasi antara pemahaman ilmu tajwid dengan kemampuan membaca Al-Qur’an Surat Pendek di kelas 5 MI Raudlatul Muta’allimin 1. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Responden berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kognitif soal pilihan ganda dan tes praktik membaca dilakukan secara lisan. Analisis data meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji regresi sederhana dan uji korelasi. Berdasarkan analisis regresi sederhana diperolah koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,487, yang mengandung arti bahwa terdapat kontribusi atau pengaruh variabel independen (pemahaman ilmu tajwid) terhadap variabel dependen (kemampuan membaca Al-Qur’an) adalah sebesar 48,7%. Maka "pemahaman ilmu tajwid (X) berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca al-qur'an (Y) dengan total pengaruh sebesar 48,7%. Pengaruh positif ini bermakna semakin meningkatnya pemahaman ilmu tajwid (siswa) maka akan berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an tersebut. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa pemahaman ilmu tajwid dengan kemampuan membaca Al-Qur’an terdapat korelasi antara pemahaman ilmu tajwid dengan kemampuan membaca Al-Qur’an surat pendek di kelas 5 MI Raudlatul Muta’allimin 1. Berdasarkan intepretasi hasil korelasi yang ditinjau dari tabel 3.7 interpretasi koefisien korelasi (r) yakni diperoleh signifikansi sebesar 0,698 > 0,374 nilai r tabel maka hipotesis diterima di kategorikan mempunyai korelasi atau hubungan yang “kuat” antara pemahaman ilmu tajwid dengan kemampuan membaca Al-Qur’an surat pendek di kelas 5 MI Raudlatul Muta’allimin 1.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Falia Rizmafaliarizma14@gmail.com06020720028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Al Qur'an
Hadis
Keywords: Pemahaman Ilmu Tajwid; Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Falia Rizma Safitri
Date Deposited: 01 Apr 2024 06:28
Last Modified: 01 Apr 2024 06:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69389

Actions (login required)

View Item View Item