Representasi akidah dalam seni syiir tradisional “blug-geblug” chanel youtube Abi Channel: analisis semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Lukman (2024) Representasi akidah dalam seni syiir tradisional “blug-geblug” chanel youtube Abi Channel: analisis semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text
Lukman Hakim_04030120068.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lukman Hakim_04030120068_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi akidah dalam Seni Syiir Tradisional Blug-geblug Chanel Youtube Abi Channel dan bagaimana proses analisis semiotik Roland Barthes pada Seni Syiir Tradisional Blug-geblug Chanel Youtube Abi Channel. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analisis teks media dengan pendekatan semiotik Roland Barthes. Akidah dalam Seni Syiir Tradisional Blug-geblug mempresentasikan akidah keimanan kepada Allah SWT, Hari akhir, dan qada qadar. Analisis semiotik Roland Barthes pada penelitian ini menghasilkan Tanda berupa Syiir Blug-geblug, Petanda yang terdiri dari salam pembuka, lirik Syiir Blug-geblug dan salam penutup. Denotasi yang berupa Melantunkan Syiir Blug-geblug. Konotasi yang berupa Bersenandung dan Mitos berupa Syiiran Blug-geblug.Peneliti merekomendasikan agar pada penelitian selanjutnya dapat meneliti dan mengkaji lebih dalam dengan menggunakan metode penelitian yang berbeda dengan harapan dapat memiliki nilai kebaruan dalam penelitian tersebut. Kata Kunci: Syiir Tradisional, Blug-geblug, Representasi, Akidah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Lukmanelhakim9965@gmail.com04030120068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhriyah, Luluk Fikrielfikrizz@yahoo.com2004126901
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah
Keywords: Syiir tradisional; blug-geblug; representasi; akidah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lukman Hakim
Date Deposited: 16 Apr 2024 00:47
Last Modified: 16 Apr 2024 00:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69394

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item