Optimisme dalam al-qur’an: aplikasi metode ekstraksi Maqashid Al-Qur’an ‘Izz al-Din Kasynit

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aliyah, Atika Hafsah (2024) Optimisme dalam al-qur’an: aplikasi metode ekstraksi Maqashid Al-Qur’an ‘Izz al-Din Kasynit. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atika Hafsah Aliyah_07010320009 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Atika Hafsah Aliyah_07010320009 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dikarenakan hampir setiap tahunnya terjadi fenomena-fenomena mengenai stress, depresi, anxiety yang mengakibatkan berita mengenai bunuh diri juga meningkat. Salah satu fenomenanya mengenai hasil survey dari SIO (Survey Indeks Optimisme) pada tahun 2023 melalui GNFI yang dinyatakan bahwa aspek terendah nilai optimisme pada warga negara ada di politik dan hukum, di karenakan kasus korupsi, kolusi, dan nepotisme meningkat. Bukan hanya itu, pada tahun 2023 tanggal 5 November yang berlokasi di apartemen Sidoarjo ditemukan seorang mahasiswi berinisial CA berumur 21 tahun melakukan bunuh diri; diketahui dari surat yang ditinggalkan. Maka dari itu, nilai spiritual pada setiap individu dengan adanya peristiwa tersebut adalah sangat penting untuk diperkuat kembali. Hal itulah yang akhirnya pada penelitian ini terdapat 2 masalah, yaitu 1) bagaimana arti optimisme jika diambil dalam sudut pandang Al-Qur’an?, serta 2) bagaimana relevansinya di era saat ini?. Permasalahan yang pertama akan diaplikasikan dengan metode ekstraksi dari maqasid Al-Qur’an ‘Izz al-Din Kasynit, di mana terkhusus kepada unsur ta‘lilatnya; metode yang menangkap sisi tujuannya untuk dapat hasil yang sesuai dengan era kontemporer. Metode ektraksi tersebut diambil dari karya disertasinya ‘Izz al-Din yang berjudul Ummahat Maqashid Al-Qur’an: Turuq Ma’rifatiha wa Maqashiduha. Tujuan penelitian dari penelitian ini adalah untuk menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an melalui pengaplikasian metode ekstraksi maqasid Al-Qur’an ‘Izz al-Din Kasynit terhadap unsur ta‘lilat, serta menerangkan sisi relevansinya pada era kontemporer. Model penelitian ini adalah kualitatif, yaitu penelitian yang bersifat deskriptif-analisis; secara mendalam, dan jenis penelitiannya adalah library research (penelitian kepustakaan); untuk menjawab rumusan masalah.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa optimisme itu bentuk salah satu kuatnya seseorang dalam menerima ujian atau musibah, baik dalam keadaan lemah atau sedang bersedih hati, di mana ada salah satu sabda Rasulullah Saw.yang berbunyi “Jangan panik, jangan panik”; kebahagiaan dan optimis lahir dari orang-orang yang punya keteguhan iman (keyakinan). Ayat yang dianalisis ada 5, yaitu Qur’an surah Al Baqarah ayat 153, 155, Ali Imran ayat 139, 200, serta Al Zumar ayat 53.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aliyah, Atika Hafsah07010320009@student.uinsby.ac.id07010320009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYardho, Moh.moh.yardho@uinsa.ac.id2110068501
Subjects: Tafsir
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Optimisme; Maqashid Al-Qur’an; Metode Ekstraksi ‘Izz al-Din Kasynit.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Atika Hafsah Aliyah
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:10
Last Modified: 01 Apr 2024 07:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69396

Actions (login required)

View Item View Item