Konstruksi pesan dakwah dalam rubrik Catatan Gus Ali pada majalah AULA: analisis framing Robert N. Entman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Trisna, Achmad Fandiwa (2024) Konstruksi pesan dakwah dalam rubrik Catatan Gus Ali pada majalah AULA: analisis framing Robert N. Entman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Fandiwa Trisna Imanda_04040120073 ok.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Achmad Fandiwa Trisna Imanda_04040120073 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Konstruksi Pesan Dakwah yang terkandung dalam Rubrik “Catatan Gus Ali” dalam Majalah AULA. Penelitian ini mengkaji dalam rentan waktu Januari-Desember 2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Teks Media dengan analisis framing model Robert N. Entman. Proses pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; rubrik Catatan Gus Ali mengkonstruksikan isu tentang upaya meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Pesan dakwah yang diangkat dalam rubrik Catatan Gus Ali ini adalah tentang tema akhlak. Pendefinisian masalah pada Rubrik “Catatan Gus Ali” mengarah pada masalah bagaimana meraih kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat. Sumber masalah yang banyak dimunculkan ialah kurangnya bersyukur dan hilangnya sikap menerima atas perbedaan, perbedaan fisik, jabatan maupun pendapat. Keputusan moral yang banyak dimunculkan dalam Rubrik “Catatan Gus Ali” adalah menguatkan rasa syukur dan menerima perbedaan sebagai keniscayaan serta terus berikhtiar. Serta penyelesaian masalah yang banyak dimunculkan dalam Rubrik “Catatan Gus Ali” adalah terus berikhtiar mensyukuri nikmat Allah dalam bentuk apapun, memanfaatkan nya dijalan Allah sebagai jalan perdamaian dengan sesama manusia dan selalu rendah hati menyetarakan diri di hadapan Allah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Trisna, Achmad Fandiwaachmadfandiwa8@gmail.com04040120073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Aliali.nurdin@uinsby.ac.id2002067101
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Komunikasi Islam
Media Massa
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Konstruksi; pesan dakwah; framing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Achmad Fandiwa Trisna
Date Deposited: 02 Apr 2024 03:30
Last Modified: 02 Apr 2024 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69402

Actions (login required)

View Item View Item