Peran orang tua dalam menjaga fitrah aqidah anak: kajian ma’anil hadis riwayat Ahmad bin Hanbal nomor indeks 7141

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suharyadi, Rizal Amin (2023) Peran orang tua dalam menjaga fitrah aqidah anak: kajian ma’anil hadis riwayat Ahmad bin Hanbal nomor indeks 7141. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizal Amin Suharyadi_E05219035 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 March 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Rizal Amin Suharyadi_E05219035.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana fitrah dalam perspektif hadis yang terbagi menjadi tiga fokus penelitian, yaitu 1) kualitas dan pemahaman hadis tentang fitrah; 2) relevansi hadis tentang fitrah dengan teori perkembangan manusia; dan 3) fitrah sebagai konsep pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian hadis tematik. Mulai dari takhrij-hadits, i’tibar-sanad, kritik hadits, pemahaman hadits, dan analisis perkembangan tentang fitrah sebagai konsep pendidikan Islam dalam membangun sistem pembangunan manusia melalui pendidikan. Hasilnya menunjukkan bahwa kualitas hadits tentang fitrah adalah shahih. Fitrah menurut hadits adalah keadaan awal (penciptaan) atau asal mula manusia dilahirkan dalam Islam (muslim). Berbagai perkembangan atau penyimpangan dari fitrah Islam menjadi tanggung jawab orang tua (pendidik) sebagai lingkungan pendidikan. Berbagai pandangan aliran pendidikan mengenai teori perkembangan manusia disempurnakan oleh konsep pemikiran Islam yang tertuang dalam hadits tentang fitrah. Ada korelasi antara potensi (bawaan) anak dan lingkungan dalam perkembangannya. Dimana orientasi pembangunan harus dilandasi nilai-nilai Ilahiah tanpa melupakan sisi biologis. Bahwa fitrah adalah potensi yang membawa manusia bahagia di dunia dan beruntung di akhirat. Fitrah memiliki korelasi yang tidak terpisahkan dengan pendidikan Islam karena merupakan potensi dasar manusia untuk dikembangkan guna mengoptimalkan fungsi dan mencapai tujuan penciptaan manusia melalui pendidikan sehingga fitrah menjadi dasar dalam mendesain pendidikan Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suharyadi, Rizal Aminrizalamin799@gmail.comE05219035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaruq, Umarumarfaruq@uinsby.ac.id2005076201
Subjects: Anak
Keluarga
Keywords: Orang tua; fitrah; perspektif hadis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: RIZAL AMIN SUHARYADI
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:50
Last Modified: 25 Mar 2024 04:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69406

Actions (login required)

View Item View Item