Implementasi strategi pembelajaran aktif Peer Lesson dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pendidikan agama Islam di SMPN 1 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidya, Farah Nida (2024) Implementasi strategi pembelajaran aktif Peer Lesson dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pendidikan agama Islam di SMPN 1 Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farah Nida Maulidya_06020120032.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Farah Nida Maulidya_06020120032_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Pada abad ke-21 ini, pendidikan diharapkan mampu menghasilkan generasi penerus bangsa dengan berbagai keterampilan. Salah satu keterampilan yang dimaksud adalah kemampuan untuk berpikir kritis. Dalam hal ini, para pendidik harus memiliki kemahiran dalam melakukan inovasi pembelajaran, menggunakan strategi dan metode pembelajaran dengan tepat efisien dan berpikir kreatif agar dapat mengembangkan kemampuan berpikir krtis siswa. Salah satu strategi yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis yaitu peer lesson. Strategi ini digunakan untuk merangsang kemauan dari peserta didik untuk mengajarkan materi kepada sesama teman, di mana siswa saling berbagi pengetahuan, mendiskusikan konsep, memperdalam pemahaman dan membangun pemahaman bersama. untuk itu peneliti merumuskan; 1) perencanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi peer lesson dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada Pelajaran PAI di SMPN 1 Jombang, 2) Implementasi strategi peer lesson dalammengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada Pelajaran PAI di SMPN 1 Jombang, dan 3) evaluasi pembelajaran dengan menggunakan strategi peer lesson dalammengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada Pelajaran PAI di SMPN 1 Jombang. Metode penelitian yang digunakan merupakan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang kemudian divalidasi dengan menggunakan triangulasi data. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa; 1) perencanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi peer lesson dirancang dengan menghitung hari efektif fakultatif, merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), menyiapkan media pembelajaran, menentukan sub materi, membagi kelompok berdasarkan jumlah materi, dan memberi saran kepada setiap kelompok terkait strategi dan penyampaian materi, 2) Implementasi strategi peer lesson atau tutor sebaya dalammengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan dengan minta setiap kelompok menyiapkan strategi untuk menyampaikan materi kepada teman sekelas, setiap kelompok menyampaikan materi sesuai dengan tugas yang telah diberikan, dan minta kelompok untuk memberikan kesempatan kepada yang lain untuk bertanya dan berdiskusi selama pembelajaran. (3) evaluasi penerapan strategi peer lesson dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Jombang meliputi evaluasi teknis proses pembelajaran, evaluasi materi, dan evaluasi proses pembelajaran dengan menggunakan strategi peer lesson secara keseluruhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidya, Farah Nidafarahn2505@gmail.com06020120032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuqit, Abdh.abd.muqit@gmail.com2012036802
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Strategi Peer Lesson; berpikir kritis; PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farah Nida Maulidya
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:44
Last Modified: 01 Apr 2024 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69409

Actions (login required)

View Item View Item