Pengaruh antar variabel doughnut economics di Pulau Jawa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggoro, Dimas (2024) Pengaruh antar variabel doughnut economics di Pulau Jawa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dimas Anggoro_08020120036 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dimas Anggoro_08020120036 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Data Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) Pulau Jawa pada tahun 2015-2022 memperlihatkan perkembangan yang cukup fluktuatif dan cenderung lambat untuk setiap kenaikan angkanya. Apabila mengacu pada perspektif teori doughnut economics yang dikaitkan melalui komponen-komponen dalam batasan ekologi maupun landasan sosial yang telah ditetapkan. Ditemukan sejumlah variabel yang dinilai cukup relevan sebagai pemicu perihal fluktuasi dalam nilai IKLH tersebut yang diantaranya yaitu laju pertumbuhan ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan rasio gini. Oleh karena itu, dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengidentifikasi pengaruh laju pertumbuhan ekonomi, IPM, dan rasio gini terhadap IKLH di Pulau Jawa pada tahun 2015-2022 secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif deskriptif yang menggunakan data sekunder dari website resmi Badan Pusat Statistik maupun Laporan Tahunan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kemudian untuk teknik analisisnya menggunakan regresi data panel yang melalui pemilihan tiga model utama, yakni Common Effect Model (CEM), Fixed Effect Model (FEM), Random Effect Model (REM). Hasil penelitian menunjukan bahwa model yang terbaik adalah FEM dengan persamaan regresi IKLHit = – 297,44 – 0,85 LAJUPDRBit + 3,64 IPMit + 223,22 RASIOGINIit + ԑit. Secara parsial, variabel laju pertumbuhan ekonomi terdeteksi berpengaruh negatif signifikan terhadap IKLH. Sedangkan, variabel IPM dan rasio gini berpengaruh positif signifikan terhadap IKLH. Kemudian untuk korelasi simultan, diperlihatkan bahwa semua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap dependen dengan angka koefisien determinasi sebesar 69%. Melalui penelitian ini, pemerintah tingkat kabupaten/kota hingga pusat disarankan agar mampu meningkatkan kualitas lingkungan hidup melalui penetapan regulasi yang mampu menyimbangkan kegiatan ekonomi dan lingkungan sehingga nantinya perekonomian dapat terus bertumbuh dan keberlangsungan lingkungan tetap aman. Karena tingginya ekonomi dapat mendorong tingginya pendidikan sebagai komponen IPM dan mampu meminimalisir ketimpangan pendapatan yang nantinya dapat berefek positif pula pada peningkatan IKLH.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggoro, Dimasdimasanggoro0227@gmail.com08020120036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitrianto, Achmad Roomar.fitrianto@uinsby.ac.id2027067701
Subjects: Ekonomi
Lingkungan Hidup
Keywords: Doughnut Economics; Indeks Kualitas Lingkungan Hidup; Laju Pertumbuhan Ekonomi; Indeks Pembangunan Manusia; Rasio Gini
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Dimas Anggoro
Date Deposited: 04 Apr 2024 04:36
Last Modified: 04 Apr 2024 04:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69412

Actions (login required)

View Item View Item