Internalisasi nilai moderasi beragama melalui model problem based learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMP Negeri 2 Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfi, Syayidah Nur Amaliyah (2024) Internalisasi nilai moderasi beragama melalui model problem based learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMP Negeri 2 Krian Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syayidah Nur Amaliyah Alfi_02040822056 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Syayidah Nur Amaliyah Alfi_02040822056 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 April 2027.

Download (4MB)

Abstract

Kesadaran akan moderasi beragama menjadi krusial bagi praktisi pendidikan, khususnya guru dan pengelola sekolah, yang memiliki tanggung jawab besar dalam membentuk pemahaman dan sikap peserta didik terhadap agama dan keragaman budaya. Karen Armstrong, seorang ahli studi agama, menekankan pentingnya pemahaman mendalam terhadap ajaran agama untuk menghindari ekstrimisme. Internalisasi nilai moderasi beragama dalam pembelajaran menjadi kunci, di mana lembaga pendidikan diharapkan menjadi motor penggerak moderasi beragama. Sekolah memainkan peran penting dalam menyebarkan sensitivitas peserta didik terhadap ragam perbedaan, membuka ruang dialog, dan memberikan pemahaman bahwa agama membawa risalah cinta bukan benci. Guru, sebagai aktor sentral, memiliki peran vital dalam memberikan informasi, pengetahuan, dan penanaman nilai-nilai moderasi beragama kepada peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini melibatkan analisis nilai moderasi beragama, langkah-langkah internalisasi melalui Problem Based Learning, dan dampaknya pada pembelajaran di SMP Negeri 2 Krian Sidoarjo.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang fokus pada observasi langsung ke lokasi penelitian yang mengedepankan pemahaman tentang fenomena alami. Penelitian ini mengadopsi metode kualitatif dengan tujuan untuk menginterpretasikan berbagai aspek fenomena, seperti perilaku, persepsi, motivasi, dan tindakan subyek penelitian secara holistik. Dalam konteks pendekatan penelitian terkait internalisasi nilai moderasi beragama melalui model Problem Based Learning dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti, ada tiga pendekatan yang digunakan: pendekatan pedagogis, psikologis dan sosiologis. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan SMP Negeri 2 Krian dalam menerapkan nilai-nilai moderasi beragama secara efektif, menciptakan lingkungan inklusif, demokratis, dan mendukung keragaman. Guru PAI aktif mempromosikan toleransi, sementara peserta didik memahami nilai tolong-menolong dan persaudaraan. Internalisasi nilai moderasi beragama melalui PBL terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman, keterlibatan aktif, dan ketrampilan pemecahan masalah peserta didik. Meskipun belum sempurna, upaya ini positif memengaruhi sikap, perilaku, dan hubungan sosial peserta didik, menjadikan SMP Negeri 2 Krian model pendidikan yang kontributif pada pembentukan generasi bertoleransi dan empatik dalam masyarakat beragam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfi, Syayidah Nur Amaliyahamaliyahalfi15@gmail.com02040822056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuas, Ah. Zakkiah.zakki.fuad@uinsby.ac.id2027047401
Thesis advisorSalik, Mohamadsalik_mohamad@yahoo.com2012126702
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Kerukunan Beragama
Keywords: Internalisasi Nilai; Moderasi Beragama; Problem Based Learning.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syayidah Nur Amaliyah Alfi
Date Deposited: 03 Apr 2024 07:34
Last Modified: 03 Apr 2024 07:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69414

Actions (login required)

View Item View Item