Analisis strategi pemasaran tabungan emas pada gen z di Pegadaian Syariah cabang Blauran Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Harahap, M. Ikhwan Razzak (2024) Analisis strategi pemasaran tabungan emas pada gen z di Pegadaian Syariah cabang Blauran Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Ikhwan Razzak Harahap_08010420020 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
M. Ikhwan Razzak Harahap_08010420020 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan kemampuan untuk menjual atau mendistribusikan produk perusahaan, nasabah produk tabungan emas termasuk generasi Z yang tidak sebanyak nasabah pada produk lain yang dikeluarkan Pegadaian Syariah merupakan latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pemasaran dalam memasarkan produk tabungan emas yang terdapat di Pegadaian Syariah Blauran dan bagaimana strategi yang tepat agar menarik minat nasabah untuk menggunakan produk Tabungan Emas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Dalam pengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan PT.Pegadaian Syariah Blauran meliputi segmentasi pasar, market positioning, market entry strategy, marketing mix strategy, timing strategy, dari kelima strategi ini memiliki peran masing-masing, selain itu juga tabungan emas menggunakan akad murabahah dan wadiah dalam transaksinya. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak terkait agar terus mengembangkan strategi pemasaran menyesuaikan dengan perkembangan zaman seperti dengan menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan nasabah dan juga meningkatkan perhatian terhadap nasabah tabungan emas agar memotivasi nasabah untuk terus rajin menabung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Harahap, M. Ikhwan Razzakikhwanrazzak@gmail.com08010420020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Keuangan Islam
Keywords: Strategi Pemasaran; Tabungan Emas; Gen Z
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Ikhwan Razzak Harahap
Date Deposited: 02 Apr 2024 03:44
Last Modified: 02 Apr 2024 03:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69424

Actions (login required)

View Item View Item