Implementasi media loose parts bahan alam untuk menstimulasi kemampuan berhitung di kelompok A1 TK Dharma Wanita Persatuan Buncitan Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Eka Yunita (2024) Implementasi media loose parts bahan alam untuk menstimulasi kemampuan berhitung di kelompok A1 TK Dharma Wanita Persatuan Buncitan Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Yunita Rahmawati_06020920020 ok.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Eka Yunita Rahmawati_06020920020 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 April 2027.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media loose parts bahan alam kelompok A1 di TK Dharma Wanita Buncitan dalam menstimulasi kemampuan berhitung. Penelitian ini dilakukan di TK Dharma Wanita Persatuan Buncitan. Kemampuan berhitung anak masih rendah. Dari 24 peserta didik, terdapat 2 peserta didik yang dapat menghitung suatu benda tertentu dan mencocokkan dengan angka yang sesuai , 10 peserta didik mampu menghitung jumlah benda konkrit dan 12 orang peserta didik hanya dapat menghitung benda nyata dengan bantuan guru. Hal tersebut dikarenakan kurangnya penggunaaan media. Guru lebih sering menggunakan LKA, sehingga mengurangi minat peserta didik dalam belajar. Peneliti menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru dan observasi langsung di lapangan. Analisis data di dapat melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil dari implementasi media loose parts bahan alam dapat disimpulkan penggunaan media loose parts bahan alam yang konsisten sangat efektif membantu guru dalam menstimulasi kemampuan berhitung anak. Anak dapat aktif bereksplorasi dengan benda-benda konkret untuk menstimulasi kemampuan berhitungnya. dalam membilang benda, mengelompokkan benda dan menyusun suatu benda menjadi lambang bilangan. Hal tersebut lebih efektif dari pada anak hanya mengerjakan LKA. Penelitian ini memberikan wawasan untuk pengembangan metode pembelajaran yang menarik dan penggunaan media yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Eka Yunitaekayrahm28@gmail.com06020920020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Contextual Teaching and Learning
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Loose parts; bahan alam; kemampuan berhitung; anak usia dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Eka Yunita Rahmawati
Date Deposited: 02 Apr 2024 03:04
Last Modified: 02 Apr 2024 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69428

Actions (login required)

View Item View Item