Etika bisnis Komunitas Arab dan Madura di Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanifah, Siti (2024) Etika bisnis Komunitas Arab dan Madura di Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Hanifah_07040220075 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Siti Hanifah_07040220075 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengarah pada suatu permasalahan terkait etika bisnis komunitas Arab dan Madura di kawasan wisata religi Sunan Ampel, permasalahan ini yang menjadi alasan peneliti tertarik untuk meneliti lebih dalam terkait etika bisnis antara kedua komunitas tersebut. Etika bisnis adalah seperangkat nilai tentang baik dan buruk, benar dan salah dalam dunia bisnis. Dalam pengertian lain, etika bisnis berarti seperangkat prinsip dan standar yang harus dipatuhi oleh para pembisnis dalam urusan, perilaku, dan hubungan mereka untuk mencapai tujuan atau sasaran bisnis secara duniawi dengan aman. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan, yaitu mengungkap kebenaran (kejadian fakta) di lokasi kejadian dengan proses wawancara dan observasi. Adapun penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu metode penelitian ilmu sosial dengan mengumpulkan dan menganalisis data dengan bentuk verbal (baik lisan maupun tulisan). Peneliti menggunakan metode sosiologi, dengan menggunakan metode ini peneliti memerlukan observasi di lapangan secara langsung untuk menghasilkan data valid. Selain itu, untuk mencapai hasil yang maksimal di lapangan, peneliti membutuhkan partisipan untuk mengkonfirmasi data yang diminta peneliti. Adapun hasil penelitian dalam pembahasan ini adalah etika bisnis yang dimiliki komunitas Arab diantaranya menjunjung tinggi kejujuran, disiplin (menghargai waktu), istiqomah dalam bekerja, memiliki komunikasi baik, dan anti riba. Sedangkan etika bisnis yang dimiliki komunitas Madura diantaranya istiqomah dalam bekerja, memiliki komunikasi baik, disiplin (menghargai waktu), menetapkan harga transparan, tidak menjual barang yang baik mutunya, dan anti riba. Selain itu, etika bisnis yang dimiliki komunitas Arab dan Madura juga terkait dalam perspektif Max Weber, yakni komunitas Arab yang menunjukkan konsep agama bahwa bekerja adalah sebuah panggilan. Dan komunitas Madura yang bekerja dengan ulet menunjukkan bahwa mereka berjiwa kapitalis.
Kata kunci: Etika Bisnis, Komunitas Arab, Komunitas Madura

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanifah, Sitihanifasiti02@gmail.com07040220075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsa.ac.id197308032009011005
Subjects: Akhlak
Jual Beli
Keywords: Etika bisnis; Komunitas Arab; Komunitas Madura
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: SITI HANIFAH
Date Deposited: 04 Apr 2024 02:32
Last Modified: 04 Apr 2024 02:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69429

Actions (login required)

View Item View Item