Peran guru pendidikan agama Islam dalam implementasi program GA3 (gerakan asah, asih, asuh) pada pengembangan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 5 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmah, Rochilah Ilmil (2024) Peran guru pendidikan agama Islam dalam implementasi program GA3 (gerakan asah, asih, asuh) pada pengembangan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 5 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rochilah Ilmil Hikmah_06010120022 ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rochilah Ilmil Hikmah_06010120022 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk mengetahui bagaimana implementasi program GA3 serta peran dari guru PAI dalam potensi mencapai tujuan dari program GA3 pada pengembangan kedisiplinan peserta didik di SMPN 5
Sidoarjo. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang mana data akan diperoleh dari hasil observasi, wawancara, serta dokumentasi dengan menggunakan metode keabsahan data yakni cara triangulasi melalui proses data reduction (Reduksi data), data display (Penyajian data) dan verification/conclusion drawing (Verifikasi/penarikan kesimpulan).
Hasil dari penelitian telah menunjukkan bahwa terdapat beberapa tahap yang dilalui dalam proses implementasi program GA3, diantaranya yakni rancangan (merancang program kegiatan), persetujuan (validasi program ke guru pendamping), aksi (penerapan program kegiatan), unggah (merekam atau mengabadikan kegiatan diupload pada aplikasi sekolah), goal (program sukses dan bermanfaat), reward (pemberian penghargaan pada kelompok yang memperoleh poin tertinggi). Dengan adanya poin tersebut mampu meningkatkan
jiwa kedisiplinan pada siswa, sebab secara tidak langsung peserta didik merasa terdorong untuk senantiasa mematuhi peraturan sekolah terutama juga kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan dengan sebaik-sebaiknya, selain itu peserta
didik juga mampu menerapkan tutor sebaya dan salingmengasihi satu sama lain tidak pandang jenjang kelas yang ia posisikan. Dalam hal inilah guru memiliki peran penting terutama guru mata pelajaran PAI, sebab guru PAI memiliki peran untuk memberikan pembelajaran yang berhubungan dengan makna kedisiplinan serta pembentukan akhlak yang baik terhadap peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmah, Rochilah Ilmilrachel240202@gmail.com06010120022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAssegaf, Abd. RachmanUNSPECIFIED196403121995031001
Thesis advisorNiam, KhoirunUNSPECIFIED197007251996031004
Subjects: Akhlak
Adab
Etika
Keywords: Peran guru PAI; program GA3; kedisiplinan peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rochilah Ilmil Hikmah
Date Deposited: 02 Apr 2024 06:31
Last Modified: 02 Apr 2024 06:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69435

Actions (login required)

View Item View Item